SOLOPOS.COM - Cara zoom foto di Instagram. (Youtube.com)

Tips fotografi kali ini tentang cara membuat background menjadi blur atau buram.

Solopos.com, JAKARTA — Membiarkan objek dengan background terkadang dapat merusak kekuatan dari objek tersebut. Untuk itu, ada cara agar background menjadi buram (blur), sehingga perhatian mata hanya tertuju pada objek utama.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti dikutip dari Buku Fotografi Digital, Minggu (11/9/2016), membuat foto indah dengan kamera saku, ada tips untuk membuat background menjadi buram dengan fitur Gaussian Blur. Berikut ini langkah-langkahnya:

Pertama, jalankan program Adobe Photoshop, lalu buka file foto yang akan diolah. Klik Open, lalu pilih file foto. Kedua, buatlah duplikasi layer, klik layer > Duplicate Layer. Lalu yang ketiga, masuk ke pengaturan filter Gaussian Blur. Klik Filter > Blur > Gaussian Blur.

Keempat, atur Gaussian Blur. Caranya, arahkan kursor pada tanda panah yang berada di bagian bawah jendela Gaussian Blur. Geser ke kiri untuk mengurangi efek blur atau geser ke kanan untuk menambah efek blur. Bila sudah didapatkan efek blur yang diinginkan, klik Ok.

Kelima, klik Erase Tools, lalu sapukan ke gambar objek utama untuk mengembalikan detail objek yang diinginkan. Atur juga nilai Opacity sesuai kebutuhan, ini berguna untuk mengatur kekuatan menghapus objek.

Keenam, hapus detail objek yang tetap dipertahankan ketajaman gambarnya. Saat menghapus objek, sebaiknya harus berhati-hati terutama bagian pinggir objek agar background tidak ikut terhapus.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya