TIPS DIET : Wah, Ternyata Lemak dan Protein Bikin Tubuh Cepat Kurus
Makanan kaya protein dan lemak (Boldsky.com)

Tips diet kali ini tentang lemak dan protein yang membuat tubuh cepat kurus.

Solopos.com, SOLO – Kebanyakan pelaku diet biasanya membatasi asupan lemak dan protein lantaran ingin cepat kurus. Tak hanya itu, mereka juga sibuk menghitung jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh selama sehari. Cara ini dilakukan dengan harapan agar lemak di tubuh segera dibakar menjadi energi.

Padahal, menghitung kalori saja tidak mampu menghilangkan lemak yang bertumpuk di dalam tubuh. Alih-alih memangkas lemak, cara itu bahkan tak mampu menjaga kebugaran tubuh. Mengapa demikian?

Dilansir Boldsky, Kamis (6/7/2017), hampir semua makanan mengandung kalori, apalagi yang kaya akan karbohidrat, lemak, dan protein. Namun, jenis kalori yang dihasilkan dari makanan berkarbohidrat dan berlemak jelas berbeda. Perbedaan ini tentu berpengaruh pada proses metabolisme tubuh.

Tubuh memerlukan lebih banyak energi untuk memproses lemak dan protein daripada karbohidrat. Proses metabolisme ini tentu akan mempercepat pembakaran lemak yang bertumpuk. Itulah sebabnya mengapa pelaku diet disarankan membatasi asupan karbohidrat dan memperbanyak lemak serta protein.

Sayangnya, beberapa orang masih merasa ketakutan jika harus mengonsumsi lebih banyak lemak saat menjalankan diet. Kebanyakan mereka berpikir lemak itu akan membuat tubuh makin membengkak. Padahal, anggapan itu jelas salah kaprah, lantaran lemak ternyata mampu mempercepat penurunan bobot tubuh.

Jangan khawatir akan merasa lapar. Mengonsumsi lemak dan protein dalam jumlah yang cukup mampu membuat perut terasa kenyang lebih lama. Tapi, perhatikan pula cara memasak bahan makanan itu. Sebaiknya, masaklah bahan makanan tinggi lemak dan protein itu dengan cara direbus atau dipanggang.

Sebisa mungkin hindari penggunaan minyak untuk menggoreng serta batasilah penggunaan garam sebagai penyedap. Sebab, makanan berminyak yang berasa asin justru akan menambah bobot tubuh. Kandungan minyak dan garam itu justru mengikat lemak di tubuh hingga sulit dibakar menjadi energi.

Nah, jika Anda ingin bobot tubuh lebih cepat berkurang, imbangilah dengan melakukan aktivitas ringan seperti bersepeda, membersihkan rumah, dan naik tangga. Meski sangat sepele, aktivitas itu terbukti mampu membantu membakar lemak di tubuh. 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho