SOLOPOS.COM - Ilustrasi puasa (vitals.lifehacker.com)

Tips diet bisa dilakukan sembari menjalankan ibadah puasa.

Solopos.com, SOLO – Puasa Ramadan memiliki banyak manfaat spiritual, fisik, psikologis, dan sosial. Tak hanya itu, puasa juga membuat seseorang menjadi lebih sehat serta menurunkan berat badan bagi Anda yang merasa kelebihan berat badan.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Fungsi metabolisme seseorang akan melambat saat berpuasa. Orang dengan kelebihan berat badan bisa memanfaatkan momentum ini untuk mengurangi berat badan mereka. Dilansir Muscatdaily.com, Selasa (7/6/2016), menjalankan diet saat puasa sebenarnya tak jauh beda dengan hari biasa. Diet harus mencakup lima kelompok makanan seperti sereal, kacang-kacangan, daging, dan ikan.

Saat buka atau sahur, hindari makan berlebihan. Kebutuhan penting saat berbuka adalah glukosa untuk menutrisi otak dan syaraf. Bukalah puasa dengan kurma atau buah. Kurma mampu memberikan energi dalam bentuk gula.

Makanan berminyak dan pedas sebaiknya dihindari untuk mencegah asam lambung serta kembung yang kerap menjadi keluhan saat puasa. Kombinasi makan malam Anda dengan kandungan karbohidrat kompleks, sayuran, yoghurt, ikan, dan ayam. Hindari makan daging merah serta makanan olahan.

Buah bisa Anda konsumsi sebagai camilan setelah makan malam tetapi tetap usahakan ada jarak. Makanan berserat seperti buah-buahan dan sayuran membantu mencegah sembelit selama bulan Ramadan.

Konsumsi air minum harus tercukupi saat buka puasa hingga sahur untuk menghindari dehidrasi selama puasa. Hindari minuman berkafein seperti teh, kopi, dan cola. Minuman ini harus dikurangi satu pekan sebelum puasa. Hal ini membantu untuk mengurangi sakit kepala selama puasa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya