SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tips diet menyebutkan kelapa adalah makanan yang dapat mensukseskan diet yang Anda jalani.

Solopos.com, SOLO –Semua orang pasti mengenalnya buah kelapa. Buah dengan seribu manfaat ini ternyata dapat membantu menyukseskan program diet Anda. Dikutip Solopos.com dari laman Healthmeup, Selasa (2/6/2015), berikut adalah olahan kelapa yang bisa digunakan sebagai makanan diet:

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Santan
Makanan bersantan kerap diklaim tidak sehat bagi tubuh. Santan kerap dianggap sebagai penyebab kolesterol. Akan tetapi, ternyata santan sangat berkhasiat bagi tubuh.

Menambahkan santan dapat menambah cita rasa suatu makanan. Rasa santan yang gurih dan lezat ini bisa dicampurkan ke dalam adonan pancake dan muffin.

Kelapa Parut
Mengonsumsi kelapa parut dipercaya mampu mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Beberapa jajanan pasar seperti klepon dan getuk juga menggunakan kelapa parut sebagai bahan pelengkap. Kelapa parut itu memiliki rasa yang gurih dan lezat.

Selain sebagai bahan pelengkap, kelapa parut juga bisa diolah menjadi serundeng. Bagi Anda yang tengah diet, serundeng itu sangat cocok dijadikan lauk.

Minyak Kelapa
Minyak kelapa dipercaya mengurangi nafsu makan seseorang. Minyak kelapa mengandung 60 persen MCT (Medium Chain Triglycerides), jenis lemak yang mudah dicerna tubuh. Kandungan MCT dalam minyak kelapa dipercaya mampu mempercepat proses metabolisme tubuh.

Gula Kelapa
Gula kelapa memiliki tekstur yang lebih kasar dibanding gula tebu. Gula kelapa memiliki kandungan kalium yang tinggi. Kalium ini dapat membantu mempercepat proses metabolisme tubuh. Selain itu kalium pun mampu menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh, sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh pelaku diet sampai penderita diabetes.

Tepung Kelapa
Tepung yang terbuat dari kelapa memiliki kandungan serat yang tinggi dan rendah karbohidrat. Tepung kelapa ini bisa digunakan sebagai pengganti tepung terigu.

Akan tetapi, mempergunakan tepung ini berlebihan dapat menghasilkan rasa pahit pada makanan. Sebaiknya gunakan takaran yang pas untuk mengolahnya. Sebagai perbandingan, Anda bisa mencampur sepertiga tepung terigu dengan sepertempat tepung kelapa.

Air Kelapa
Minum air kelapa juga dapat menurunkan berat badan. Meminum air kelapa dapat membuat seseorang merasa kenyang dalam waktu yang lama. Selain itu, minum air kelapa juga mampu membuang racun dalam tubuh yang membuat Anda tetap sehat.  (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya