SOLOPOS.COM - Ilustrasi (illustratiction.fr)

Tips data online kali ini tentang cara akan menggunakan perangkat data digital.

Solopos.com, SOLO — Penyimpanan data online merupakan metode baru untuk menyelamatkan data-data berbentuk digital milik Anda. Tip data online kali ini akan mengulas cara menyimpan dengan aman dan nyaman.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Meksi memerlukan biaya, namun umumnya penyimpanan data online memberikan penyimpanan gratis dengan kapasitas tertentu.Dengan adanya fasilitas ini, maka Anda mampu mengakses data tersebut kapan pun Anda butuhkan selama terhubung ke Internet.

Selain data penting pekerjaan, data milik pribadi juga dapat disimpan di dalamnya. Tetapi sebelum menggunakannya, berikut ini ulasan mengenai cara aman dalan menyimpan data online seperti dikutip dari laman Life Hack, Senin (14/3/2016).

1. Ketahui Penyedia Layanan Penyimpanan Data Online

Untuk menggunakan suatu produk, maka Anda harus memastikan kualitasnya terlebih dahulu. Sebaiknya Anda memilih penyedia layanan yang terpercaya. Pastikan Anda sudah melihat ulasan positif dari para costumer mengenai layanan tersebut. Akan lebih baik apabila penyedia menawarkan sistem keamanan dalam beberapa tingkat, sehingga mencegah risiko kehilangan data.

2. Data Anda Harus Dicocokkan Dengan Level Keamanan Penyimpanan Data Online

Apabila Anda memilih layanan penyimpanan data yang tidak bisa dipastikan keamanannya, hindari penyimpanan data penting, seperti laporan keuangan atau data yang bersifat sangat pribadi. Jika memang harus menyimpannya dalam penyimpanan data online, maka pilihlah penyedia yang sudah terjamin level keamanannya.

3. Miliki Data Cadangan yang Disimpan Secara Online

Memang data penyimpanan online dibuat agar aman dan mudah diambil kapan saja ketika data yang asli justru hilang. Akan tetapi, tidak ada perangkat penyimpanan yang aman 100%.

Membuat data cadangan termasuk salah satu cara dalam menjaga data Anda agar tetap aman. Lakukan salinan cadangan pada data yang bersifat sangat penting saja, buat hingga tiga cadangan.

4. Enkripsi Data Penyimpanan Online Anda

Apabila layanan akun penyimpanan data online Anda terganggu, maka besar kemungkinan data Anda bisa diretas. Untuk meminimalisir risiko, lakukan enkripsi data sebelum menyimpannya secara online. Pilihan lain adalah menggunakan software, seperti BoxCryptor atau nCrypted Cloud yang akan mengenkripsi data Anda secara otomatis.

5. Gunakan Kata Sandi

Kata sandi akan membuat data lebih Aman. Anda bisa menggunakan pembuat kata sandi LastPass untuk membuat kata sandi yang sulit diretas.

Ingatlah hal-hal dasar seperti tidak membeberkan sandi Anda pada siapa saja atau mencatatnya di memo dan gadget Anda. Hindari mengakses layanan online menggunakan Wifi di tempat umum dan gantilah sandi Anda secara berkala.

6. Perhatikan Https

Data Anda dapat dengan mudah terdeteksi oleh hacker ketika sedang tersambung ke penyimpanan online. Untuk mencegahnya, gunakan https dan bukan http di depan alamat URL penyedia layanan online Anda.

Https adalah versi aman dari http dan ketika Anda menggunakannya, maka mesin pencarian dan layanan penyimpnan data online Anda sudah terenkripsi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya