Tutup Iklan -->
Tips #Cari_Aman Berkendara saat Puasa Ramadan di Tengah Pandemi
Ilustrasi berkendara. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Ramadan adalah bulan yang istimewa bagi umat Islam. Ramadan adalah bulan penuh berkah karena setiap amalan ibadah serta perbuatan baik akan digandakan nilai pahalanya.

Di masa pendemi virus corona (Covid-19) ini, masyarakat disarankan mengurangi mobilitas dan diimbau untuk di rumah saja. Namun bagi sebagian masyarakat yang masih terpaksa harus berkendara, harus waspada terhadap perubahan yang terjadi di tubuh, yaitu dehidrasi dan lemas.

Imbasnya, tubuh kemudian akan terasa lelah dan konsentrasi menurun serta berpengaruh terhadap kestabilan emosi. Konsentrasi menurun, mengantuk, keinginan cepat sampai tujuan, dan emosi adalah beberapa gangguan yang dialami oleh pengendara maupun pengemudi selama di jalan.

Berikut adalah beberapa tips Cari_Aman saat Ramadhan dari Astra Motor Jateng:

1. Asupan gizi, air minum dan istirahat yang cukup untuk tubuh. Aturlah makanan sehingga kebutuhan kalori dan nutrisi selama sehari mencukupi! Minumlah dua gelas air putih setelah berbuka puasa, empat gelas dimalam hari, dan dua gelas saat sahur.

2. Perlengkapan berkendara yang mendukung kenyamanan saat berkendara dibulan puasa, tentunya utamakan faktor keamanan. Hindari penggunaan perlengkapan berkendara yang malah membuat lebih mudah kehilangan cairan tubuh dan mengganggu konsentrasi. Disarankan menggunakan helm fullface dan wajib mengenakan masker serta membawa hand sanitizer kemasan kecil.

3. Persiapkan kendaraan dengan mengecek keseluruhan fungsi dan kinerja di bagian roda, rem, lampu-lampu, klakson dan mesin. Hal itu demi menghindari kegagalan dan gangguan pengoperasian selama berkendara.

4. Selalu berdoa sebelum memulai berkendara dan pertahankan konsentrasi. Beretika dan ikuti dengan petunjuk dan aturan berlalu lintas!

Tentunya, selama berkendara pasti ada terdapat godaan dan cobaan. Inilah yang harus dilakukan agar terhindar dari cobaan dan godaan.

Bersabar

Redamlah emosi! Ingatlah bahwa tidak seluruhnya pengendara mempersiapkan diri atau memiliki kemampuan bersabar yang baik! Bersyukurlah bahwa masih memiliki kecerdasan emosi dan kesabaran yang lebih dibanding dengan pengendara lain!

Ikhlas

Ikhlaskan perbuatan orang yang mungkin mengganggu pikiran dan emosi selama berkendara! Pahami bahwa orang lain juga memiliki kemampuan intelektual yang berbeda dan tidak perlu menghakiminya!

Memaafkan

Berlatihlah memaafkan karena bermanfaat mengurangi stres, kecemasan, menyehatkan jatung, dan meningkatkan kemampuan kognitif atau kemampuan kegiatan otak, meningkatkan imunitas, serta kualitas tidur.

Berbuat Baik

Perbanyak kebaikan selama di jalan dimulai dengan hal yang paling sederhana yaitu berlalu lintas dengan menjaga jarak sosial, beretika, menghindari gerakan mendadak yang menyebabkan orang lain marah, serta saling mengerti selama berkendara.

Ramadan ini tentunya bisa lebih menyenangkan jika memang diisi dengan kebaikan dan niat mencari amalan yang baik selama berkendara atau mengemudi. Semoga kita bertemu di hari kemenangan nanti dengan keadaan sehat, kembali membaik, dan tentunya menggembirakan.

Memaafkan dengan Cari_Aman ya!


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho