Tips Cari Aman Naik Skutik Keyless Honda
Remote skutik Honda. (Astra Motor Jateng)

Solopos.com, SEMARANG Sepeda motor tanpa kunci alias keyless merupakan terobosan baru di dunia otomotif. Sistem teknologi smart key system ini tengah dikembangkan dan menjadi andalan Honda.

Sepeda motor keyless mengandalkan remote yang berfungsi memancarkan sinyal perintah yang diterima kendaraan secara otomatis. Teknologi smart key system ini bertugas menggantikan anak kunci saat hendak menyalakan menyalakan atau mematikan sepeda motor.

remote elektronik itu sekaligus sebagai switch putar untuk memposisikan sepeda motor sesuai keinginan. Teknologi mutakhir ini pun cukup aman dan sangat nyaman dipakai.

Tiga kemampuan

Teknologi terbaru ini disisipkan pada skutik Honda seperti Vario 150, PCX, dan ADV 150. Ketiga sepeda motor tersebut dilengkapi remote dengan tiga kemampuan, yakni membunyikan buzzer atau mengeluarkan suara agar mudah mengetahui posisi sepeda motor (answer back system), menyalakan alarm, serta menggantikan tugas anak kunci.

Dari ketiga kemampuan tersebut, skutik Honda tipe Vario 150 lebih ringkas dengan hanya dua tombol, yaitu tombol bergambar motor dan speaker jadi satu. Sehingga tugas pertama dan kedua penjelasan di atas jadi satu. Sehingga ketika alarm dinyalakan answer back system sekaligus berbunyi.

Cara cari aman

Cara menyalakan sepeda motor memiliki perbedaan walau urutannya sama, jika Honda Vario 150 setelah remote diaktifkan hingga LED warna hijau menyala, maka sebelum memutar knop untuk memilih harus menekan sekali tombol stater eletrik. Sedangkan tipe lain dengan menekan knop itu sendiri.

Selain itu, untuk mendukung keamanan jika remote atau keyless berada radius lebih dari dua meter dari motor, maka motor tidak akan menyala walau mesin mati karena standar samping atau knop dalam posisi on.

Oke Desiyanto, Safety Riding Supervisor Astra Motor Jateng, mengatakan teknologi ini membuat berkendara lebih menyenangkan. Pengendara hanya hanya tinggal menekan dan memutar knop untuk menyalakan mesin tanpa perlu memasukkan kunci ke lubang kunci, sehingga berkendara jadi lebih mudah dan keamanan tetap terjaga.

“Honda mencoba memperhatikan detail agar pengendara tetap tenang sehingga lebih konsentrasi saat berkendara dan lebih menyenangkan karena dibantu dengan teknologi,” ujar Oke Desiyanto.

Pengembangan produk yang dilakukan Honda pada produk sepeda motornya semakin menekankan pada kenyamanan konsumen yang didapatkan dari keamanan kendaraannya. Tidak hanya #Cari_Aman saat berkendara, namun juga aman saat motor diparkir.

Dengan fitur aman tersebut, bisa memberikan ketenangan dan rasa aman pengendara yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi saat berkendara. (Adv)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

SOLOPOS TV



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho