Ilustrasi bursa mobil bekas (Nurul Hidayat/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO - Jika mobil baru dirasa terlalu mahal dan tidak wort it, mobil bekas bisa jadi solusinya. Masalahnya, tidak semua mengerti bagaimana cara mendapatkan mobil bekas dengan kondisi prima.

Membeli mobil bekas memang tak semudah yang dibayangkan. Situs otomotif Edmunds mencatat, setidaknya ada 40 juta mobil bekas berpindah tangan setiap tahun. Karena itu, memilih mobil bekas harus lebih teliti dan penuh tantangan.

Jika tak teliti, maka bukan mendapatkan mobil yang pas, nyaman dan aman, justru sebaliknya, mobil bekas yang telah Anda beli banyak bermasalah.

Berikut tips membeli mobil bekas untuk orang awam dan pemula seperti dihimpun Solopos.com dari sejumlah sumber, Jumat (18/10/2019);

Biaya Perawatan dan Pajak

Mobil mewah seperti Alphard atau Mercedez Benz S-Class bekas pakai 8 tahun lalu atau lebih barangkali bisa Anda dapat dengan harga di bawah Rp300 jutaan. Tapi, jangan berpikir Anda tidak akan mengeluarkan uang lebih setelahnya.

Sebab, membeli mobil bekas pasti akan kembali mengeluarkan biaya ekstra, seperti perawatan tambahan, atau memang perlu ada pergantian komponen. Belum lagi, harus membeli bahan bakar, tambahan asuransi hingga pajak.

Harga komponen suku cadang mobil mewah biasanya juga mahal. Maka ada baiknya Anda pelajari juga berapa biaya perawatan hingga pajak yang harus Anda keluarkan untuk mobil tersebut.

Buat Daftar Kebutuhan dan Budget

Ada baiknya membuat daftar kebutuhan seperti jenis mobil seperti apa yang diinginkan, untuk medan jenis apa hingga untuk mengakomodasi berapa orang.

Setelah itu, buatlah berapa biaya maksimal yang harus dikeluarkan untuk membeli mobil bekas tersebut.
Cara ini sebenarnya juga berlaku untuk pembelian mobil bekas.

Survei Harga

Sebelum menawar, ada baiknya lebih dahulu mencari tahu harga pasarannya. Harga sebuah mobil bekas pada umumnya memiliki rentang pasaran tergantung dari kondisi dan tahun produksi. Kemudian buatlah tawaran awal senilai Rp5 juta dari harga pasaran, bila perlu ajaklah orang lain untuk membantu, misalnya pasangan atau teman.

Membeli mobil bekas perlu kesabaran. Karena itu, cobalah rajin mengecek harga mobil yang diinginkan dari beberapa dealer mobil bekas, baik milik pemegang merek, swasta bahkan situs jual beli online.

Bukan tak mungkin harga-harga mobil bekas ini bisa saja berbeda-beda tergantung dari kondisi mobil itu sendiri.

Lokasi Penjual

Karena mobil bekas, tentu saja mobil yang dicari sudah digunakan sang pemilik ke berbagai tempat. Untuk mencari mobil, Anda juga perlu menyaring target mobil dari jarak tempuh yang sudah dilalui, harga, fitur dan jarak apakah mobil itu dekat dengan bengkel atau dealer.

Namun, karena kemudahan teknologi, mencari mobil bekas tentu saja bisa juga dilakukan lewat situs jual beli online agar lebih menghemat waktu.

Surat-Surat dan Riwayat Kendaraan

Bisa saja Anda melakukan pemeriksaan riwayat kendaraan dari pihak asuransi atau kepolisian. Sebab, mobil juga bisa dilakukan pengecekan dari NIK (Nomor Identitas kendaraan) atau pelat nomor.

Anda juga harus jeli terhadap surat-surat mobil yang akan dibeli. Periksa dahulu STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya dengan cara memfotocopy dokumen tersebut dan mengeceknya di polda atau kantor samsat terdekat sebelum melakukan transaksi.

Dicoba Dong!

Jika sudah tahu mobil yang diinginkan, coba mintalah untuk melakukan test drive. Hal ini cara paling tepat untuk menilai apakah mobil masih laik dan kondisinya memang benar terbaik.

Cek setir apakah masih normal dengan melakukan lepas stir pada kecepatan rendah untuk mengecek apakah mobil tetap berjalan lurus atau tidak, dan lakukanlah berbagai manuver.

Anda harus rasakan dengan seksama saat mengemudi, mulai dari masuk ke ruang kemudi, duduk di bangku penumpang, posisi mengemudi, kondisi jok, bagaimana visibilitas saat di belakang kemudi, apakah ada bau-bau tak enak, apakah ada bunyi mencuit, cek mesin, kondisi AC, dan lainnya.

Cek juga, apakah mobil ini teridentifikasi di bengkel resmi untuk perawatannya.

Cari Tahu Pemiliknya

Jika Anda merasa cocok dengan mobil yang menjadi incaran ada baiknya menjalin hubungan dengan penjual untuk memverifikasi infomasi mobil yang dicari.

Pasalnya, ada juga mobil yang dijual dengan cara dititipkan di dealer. Karena itu, coba cek dan ricek mengapa mobil ini dijual, mengapa mobil dijual dengan cara dititipkan.

Tak sedikit ada juga yang langsung negosiasi dengan penjual. Namun ada baiknya lihat dulu mobil yang dicari, kemudian baru dilakukan penawaran.

Bagian-Bagian Penting yang Harus Diperiksa

Ada beberapa bagian penting dari mobil yang perlu diperiksa seperti body mobil, boks transmisi hingga komponen utama seperti kursi mobil hingga AC. Simak ulasan lengkapnya di sini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten