SOLOPOS.COM - Ilustrasi ritel (Dok/JIBI)

Tips belanja di supermarket perlu Anda perhatikan untuk menghindari belanja berlebihan yang berujung pada banyaknya uang yang harus Anda bayar.

Bisnis.com, JAKARTA – Berbelanja di supermarket bisa menjadi salah satu pengeluaran terbesar Anda. Supaya tetap hemat, coba ikuti beberapa tips cerdas berbelanja di supermarket sebagaimana dilansir Popsugar, Kamis (8/1/2015):

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cek Struk Belanja
Tips belanja mengharuskan Anda selalu cek struk belanja seusai membayar. Lihat lagi apakah jumlah barang yang dibeli sudah benar, apakah harga yang tercantum di rak sama dengan yang ada di dalam struk, dan apakah barang yang didiskon sudah sesuai harganya. Jangan sampai karena malas mengecek, Anda jadi membayar lebih dari seharusnya.

Perhatikan Rak dari Atas Hingga Bawah
Jika Anda ingin mencari harga terbaik untuk sebuah barang, coba cek di rak bawah. Tips belanja menyebut produk merek ternama biasanya berada di rak atas yang sejajar dengan pandangan mata. Sementara produk yang kurang ternama biasanya diletakkan di bawah.

Jangan Sering Berbelanja
Sebaiknya belanja sekali dalam jumlah besar, ketimbang sering pergi ke supermarket untuk belanja sedikit-sedikit. Sering ke supermarket bisa menyebabkan Anda belanja impulsif dan akhirnya membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Beli Jumlah Besar
Ada beberapa barang yang menawarkan diskon ketika Anda membeli dalam jumlah besar. Gunakan taktik ini untuk barang-barang yang tidak memiliki tanggal kadaluwarsa atau cukup awet jika disimpan dalam waktu lama, seperti misalnya tisu toilet.

Buat Bujet Belanja
Akan lebih baik Anda selalu membuat bujet belanja tiap bulannya. Selain itu, tips belanja mengatakan jangan pernah pergi berbelanja ke supermarket tanpa daftar belanjaan, karena bisa saja Anda malah membeli barang yang tidak dibutuhkan dan akhirnya melupakan barang yang sebenarnya Anda perlukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya