SOLOPOS.COM - Ilustrasi belajar bahasa Inggris. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO–Agar cepat menguasai pelajaran Bahasa Inggris, sebaiknya ketahui tips belajar bahasa asing ini dengan cara menyenangkan. Simak ulasannya di tips belajar kali ini.

Bahasa Inggris merupakan salah satu mata pelajaran wajib di sekolah dan harus dipelajari oleh setiap murid. Selain menambah pengetahuan, menguasai bahasa asing ini memiliki banyak manfaat seperti memudahkan berkomunikasi dengan orang asing, menambah rasa percaya diri, meningkatkan kemampuan diri sendiri, mudah bergaul dengan orang asing.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Setiap siswa pasti memiliki pemahaman yang berbeda-beda tentang Bahasa Inggris, ada yang cepat paham dan ada pula yang membutuhkan waktu lama untuk belajar bahasa ini. Banyaknya kosakata tentang Bahasa Inggris terkadang membuat siswa malas untuk mempelajarinya. Bahkan jika kita ingin membuat sebuah kalimat, ada beberapa rumus yang harus diperhatikan agar menjadi sebuah kalimat yang baik dan benar.

Baca Juga: Cara Cepat Menguasai Materi Presentasi bagi Siswa

Ekspedisi Mudik 2024

Dikutip dari zenius.net, Sabtu (8/10/2022), berikuti ini tips belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan bagi siswa:

1. Melalui Bermain Game

Tips pertama adalah kalian bisa belajar Bahasa Inggris dengan cara bermain game. Hampir seluruh game di smartphone atau internet banyak yang menggunakan Bahasa Inggris. Kebanyakan dari siswa sekolah pasti senang bermain game karena untuk sebagai hiburan atau bahkan menjadikan sebuah hobi. Selain sebagai hiburan, kita juga bisa sekaligus belajar Bahasa Inggris didalamnya, seperti berbagai perintah atau petunjuk game sebagian besar menggunakan Bahasa Inggris. Tentu hal ini akan menambah kosakata kita dan secara tak sadar dapat paham akan arti kalimat Bahasa Inggris.

Baca Juga: Tips Membuat Tugas Kelompok Lebih Efektif

2. Mendengarkan Lagu

Kalian tentunya memiliki penyanyi favorit dari luar negeri bukan? Banyak sekali penyanyi terkenal seperti Ariana Grande, Justin Bieber, Adele, Taylor Swift, Katy Perry, dan masih banyak lagi. Lagu-lagu mereka menggunakan Bahasa Inggris dan jika kalian sering menyanyikan lagu ini, maka secara tak langsung kalian bisa tahu pengucapan Bahasa Inggris dengan tepat. Selain menghibur, tentunya lagu-lagu ini dapat membantu kalian belajar Bahasa Inggris.

3. Membaca Bacaan

Tips yang selanjutnya adalah dengan membaca buku berbahasa Inggris. Memang tak semua siswa senang membaca buku, tapi hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk belajar Bahasa Inggris. Jika kalian tidak suka membaca buku pelajaran Bahasa Inggris, mungkin kalian bisa memulai dengan membaca novel, buku dongeng atau bahkan cerita pendek berbahasa Inggris. Hal ini akan menambah wawasan dan juga mengasah kemampuan Bahasa Inggris kita.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Mata Pelajaran yang Dibenci

4. Menonton Video

Tips belajar Bahasa Inggris berikutnya adalah dengan menonton berbagai video berbahasa Inggris tanpa menggunakan terjemahan atau sebagai pemula kalian bisa mengubah terjemahan ke Bahasa Inggris. Banyak sekali film atau series Barat yang mungkin kalian sukai yang membuat kalian terhibur. Selain menghibur tentu ada sebuah pesan moral dibalik film tersebut dan kita juga bisa belajar Bahasa Inggris baik dari pelafalan ataupun menambah kosakata dari sang aktor film.

Baca Juga: Begini Tips Bertanya pada Guru saat Pelajaran Berlangsung

Selain menonton film Barat, kalian juga bisa menonton vlog, video lucu, documenter, atau video yang kalian sukai melalui YouTube. Kalian bisa memilih channel YouTube mana yang tepat untuk membantu kalian belajar Bahasa Inggris.

5. Menjelajahi Media Sosial

Tips yang terakhir adalah dengan menjelajahi media sosial yang dimiliki, seperi Instagram, Facebook, Twitter, TikTok, dan masih banyak lagi. berbagai media sosial pasti terdapat akun komunitas terentu, organisasi, berbagai resep makanan, bahkan sampai tempat liburan. Selain sebagai hiburan, gunakanlah media sosial kalian untuk belajar Bahasa Inggris yang menyenangkan. Contohnya saja jika kalian suka memasak dan mengikuti akun Instagram resep dan tutorial memasak, kalian bisa menambah kosakata Bahasa Inggris dan lama-kelamaan akan jago berbahasa Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya