SOLOPOS.COM - Bayam (Foto: tips-heatly.com)

Bayam (Foto: tips-heatly.com)

Mungkin ini adalah berita bagus untuk penggemar bayam seperti Popeye karena dalam sebuah penelitian bayam bisa membantu mengurangi resiko terkena penyakit demensia-penyakit kehilangan daya ingat alias pikun.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Para peneliti menemukan keterkaitan antara kekurangan vitamin C dan beta-karotin sebagai penyebab demensia.

Jadi sayuran dan buah yang kaya zat antioxidan seperti bayam, wortel dan aprikot bisa membantu mengurangi gejala penyakit demensia.

Peneliti dari Universita s Ulm di Jerman melihat perbedaan pada 74 orang penderita alzeimer ringan dan 158 orang berbadan sehat.

Mereka berusia antara 65 sampai 90 tahun dan menjalani serangkaian tes seperti pertanyaan soal gaya hidup dan tes darah.

Tim penelitian yang dipimpin oleh ahli epidemiologi Prof Gabriele Nagel dan ahli Neorologi Prof Christine von Arnim menemukan serum konsentrasi antioksidan vitamin C dan beta karotin yang rendah pada penderita demensia ringan.

Dr Nagel mengatakan meskipun penelitian lain diperlukan untuk membuktikan hasil penemuan ini, tapi  hasil penelitian menyimpulkan kalau buah dan sayuran bisa mengurangi risiko terkena penyakit ini.

“Penelitian sejenis dengan lebih banyak responden dibutuhkan untuk meyakini penemuan kalau vitamin C beta karotin bisa mencegah perkembangan penyakit alzheimer,” katanya.

“Vitamin C terkandung dalam buah citrus, beta karotin terkandung dalam wortel, bayam atau apricot.”

Gejala penyakit alzheimer antara lain lupa ingatan, keterbelakangan orientasi dan daya ingat karena gangguan otak.

Stres yang bisa menimbulkan lonjakan oksigen dalam tubuh manusia juga bisa menyebabkan perkembangan penyakit ini.

Penelitian ini didukung oleh Kementerian Pengetahuan Alam Jerman dan dipublikasikan dalam jurnal penyakit Alzheimer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya