SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak-anak (Kaskus.co.id)

Tips asuh anak ini tentang strategi menjaga anak di keramaian.

Solopos.com, JAKARTA — Banyak orang tua memilih untuk menghabiskan hari libur bersama anak dengan bepergian ke tempat wisata dan atau pusat perbelanjaan. Tak heran bila jumlah pengunjung meningkat sehingga orang tua perlu lebih hati-hati untuk menjaga buah hati agar tak lepas dari pengawasan.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Seperti yang dikutip dari travelmama.com, baru-baru ini, sejumlah tips bisa diikuti untuk mempersiapkan anak agar tak hilang di tempat umum:

1. Persiapkan skenario “jika” dengan anak-anak sebelum meninggalkan rumah.
Sebelum sampai di tempat tujuan, pastikan Anda telah mendiskusikan dengan anak apa yang harus dilakukan bila terpisah dengan anggota keluarga. Ajarkan anak untuk menemui polisi dan petugas keamanan ketika terpisah dari keluarga di tempat umum. Selain itu, tetapkan titik bertemu bila anak sudah bisa membedakan titik tertentu seperti bangunan atau ruang. Namun, bagi anak di bawah 8 tahun, ajarkan agar tetap berada di tempat pertama ketika terpisah dengan keluarga.

2. Pilihlah pakaian berwarna cerah untuk anak
Carilah atasan, topi, celana, rok hingga tas dengan warna cerah agar anak mudah terlihat di kerumunan. Warna neon seperti hijau, biru torquise, kuning juga pink stabilo bisa menjadi pilihan daripada warna seperti warna yang umum dipilih seperti biru muda dan putih. Pakaikan warna senada pada baju kakak dan adik agar Anda lebih mudah mengingatnya.

3. Berbagi nomor ponsel dengan anak.
Dalam hal keadaan darurat, Anda harus memastikan bahwa anak bisa tetap terhubung bila terpisah dari pengawasan. Tulislah nomor ponsel Anda di secarik kertas, buku, papan, label atau gantungan kunci khusus sehingga anak lebih mudah ditemukan bila hilang. Pastikan anak juga mengetahui bahwa ketika terpisah, mintalah orang dewasa lain untuk menghubungi ke nomor ponsel tersebut.

4. Minta salah seorang dewasa untuk mengawasi anak.
Bila Anda bepergian dalam jumlah besar, lebih baik meminta orang dewasa lainnya untuk turut mengawasi anak. Hal ini bertujuan agar terdapat beberapa orang yang mengawasi anak. Baik Anda maupun orang dewasa yang Anda percayai harus turut menjaga anak di tempat umum, sehingga bila anak hilang, keduanya tak saling melempar kesalahan atau melimpahkan kesalahan ke salah satu pihak.

5. Simpan foto anak di ponsel atau kamera.
Menyimpan foto anak di ponsel atau kamera bisa membantu Anda menjelaskan ciri-ciri anak bila terpisah dengan anak di tempat umum. Akan lebih baik bila Anda menyimpan foto terbaru ketika sebelum meninggalkan rumah. Tujuannya, bila anak terpisah, Anda akan lebih mudah mencari dan menceritakan ciri-ciri anak sesuai dengan keadaan sebelum Anda dan anak terpisah.

Simak serba-serbi informasi tentang parenting, tips asuh anak, dan aneka pengetahuan seputar anak melalui Instagram @zonakrucil.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya