SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak-anak (Kaskus.co.id)

Tips asuh anak untuk anak berkebutuhan khusus

Harianjogja.com, SLEMAN-Psikolog anak berkebutuhan khusus Universitas Gadjah Mada (UGM), Aisah Indati, mengatakan orang tua yang dapat menerima keberadaan anak down syndrom dapat mendukung tumbuh kembang anak dengan baik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kuncinya orang tua bisa menerima kondisi anak dengan kebutuhan khusus yang mengalami down syndrome,” terangnya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima Rabu (23/3/2016)

Adanya penolakan terhadap anak justru akan menghambat tumbuh kembang mereka. Hal ini dikarenakan anak tidak mendapatkan perhatian dan perlakuan yang baik dan maksimal dari orang tua.

“Padahal anak-anak ini memerlukan perhatian lebih dari orang tuanya,” tegasnya.

Aisah menyampaikan orang tua dengan anak down syndrome diharapkan dapat mengetahui dengan baik kondisi dari buah hati mereka. Dengan begitu perlakukan yang diberikan pada anak bisa sesuai dengan kebutuhan dan kondisi anak saat itu.

“Ketahui karakternya seperti apa lalu dididik untuk bisa mandiri dengan memberikan stimulus sesuai dengan kemampuan anak,” jelasnya.

Apabila mengetahui anak menderita down syndrom, Aisah mengimbau para orang tua untuk melakukan konsultasi ke psikolog maupun dokter. Selain untuk melihat bakat dan minat anak juga untuk mengetahui usia mental anak. Dengan demikian orang tua bisa mendampingi anaknya dengan perlakuan yang sesuai dengan keadaan sebenarnya.

“Bisa jadi usianya 11 tahun, tetapi usia mentalnya baru 4 tahun,”jelasnya.

Aisah menekankan pada para orang tua dengan anak down syndrom untuk terus mendukung putera-putrinya yang terlahir dalam kondisi istimewa.  Orang tua diharapkan jangan terlalu fokus pada kekurangan anak.

“ Terus gali minat dan bakat anak-anak istimewa ini. Dampingi mereka dengan penuh karena masih ada sisi lain yang bisa dikembangkan dan dibanggakan,” tegas Aisah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya