SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu dan anak (Emmagem.com)

Tips asuh anak berikut tentang ikhtiar orang tua agar menjadi anaknya menjadi orang berhasil.

Solopos.com, SOLO – Setiap orang tua pasti menginginkan buah hati mereka tumbuh menjadi orang yang sukses. Namun, banyak juga orang tua yang tidak tahu bahwa pola asuh anak dapat memengaruhi kesuksesaan buah hati mereka di masa depan.

Promosi Kecerdasan Buatan Jadi Strategi BRI Humanisasi Layanan Perbankan Digital

Dikutip Solopos.com, Rabu (19/8/2015), dari Psychologicaltoday.com, usia 2 – 5 tahun adalah usia emas bagi anak-anak untuk melakukan pembangunan karakter dan meningkatkan persentase sukses mereka.

Seorang psikolog dan juga penulis buku, Jonathan Wai, melakukan penelitian soal pengaruh cara asuh anak terhadap kesuksesan anak ke depannya.

Berikut adalah 5 tips dari Wei untuk membesarkan anak menjadi orang yang sukses:

1. Menjelaskan batasan-batasan norma
Memberikan pengertian soal norma-norma yang ada di masyarakat menjadi hal yang sangat penting. Berikan pengertian pada anak soal urutan-urutan yang benar dan hal yang boleh dan tidak diperbolehkan.

Namun, memberikan batasan bukan berarti orang tua harus merenggut kebebasan anak untuk memilih. Cobalah untuk memahami cara pikir anak dan memberikan kesempatan pada mereka untuk merealisasikan keinginan mereka.

2. Sadari bahwa anak memiliki minat mereka sendiri
Kadang orang tua merasa cemas saat anak memiliki keinginan yang berbeda dari orang tua. Ingatlah anak Anda tidak selalu memiliki kualitas diri seperti orang tuanya. Cobalah untuk memahami kemauan si anak dan bantulah ia dalam menggapai keinginannya tersebut.

3. Berekspektasi berlebihan itu tidak bagus
Ekspektasi atau harapan menjadi hal yang tidak bagus apabila kadarnya sudah berlebihan. Mengharapkan sesuatu yang berlebihan dari anak usia dua tahun bukanlah hal yang bijaksana. Cobalah untuk lebih fleksibel terhadap buah hati Anda.

4. Berikan anak kebebasan untuk memilih
Kreativitas tumbuh dari pikiran, rasa penasaran, imajinasi dan pengambilan keputusan. Biasakan putra putri Anda untuk memilih dan memutuskan sendiri soal jalan seperti apa yang akan mereka pilih.

5. Selaraskan definisi kesuksesan dan keberhasilan
Orang tua dan anak-anak kadang akan memiliki definsi yang berbeda mengenai kesuksesan. Seiring tumbuhnya buah hati Anda, cobalah untuk menyelaraskan pengertian kesuksesan tersebut. Jika orang tua dan anak sudah mencapai kesepakatan maka bekerja samalah untuk menggapai kesuksesan tersebut. (Diah Puspita Ningrum/JIBI/Solopos.com)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya