SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu bekerja tanpa meninggalkan kewajiban mengasuh anak (Kimconstable.com)

Tips asuh anak kali ini terkait kesalahan umum para orang tua yang tak patut dilanjutkan.

Solopos.com, SOLO — Menjadi orang tua bukanlah pekerjaan yang mudah. Orang tua memiliki tanggung jawab yang besar dalam mendidik anak. Orang tua berperan penting dalam pembentukan pribadi anak, sayangnya dalam melakukan tanggung jawab mendidik anak itu, para orang tua kerap melakukan kesalahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Apa saja kesalahan yang kerap diperbuat para orang tua? Dikutip Solopos.com dari laman Boldsky, Senin (15/6/20150, berikut adalah beberapa kesalahan yang kerap dilakukan para orang tua dalam mendidik anak mereka.

Ekspedisi Mudik 2024

Terlalu Mengekang
Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya tumbuh dengan perilaku yang baik. Oleh sebab itu, para orang tua mendidik anak mereka dengan disiplin yang tinggi. Terkadang penerapan kedisiplinan yang berlebihan tersebut justru membatasi ruang gerak anak.

Kebiasaan para orang tua mengingatkan anak mereka mulai dari melarang bermain, hingga menyuruh mengerjakan tugas sekolah, terkadang membuat mereka merasa terkekang. Sebaiknya, ingatkanlah mereka sewajarnya saja. Biarkan anak-anak menikmati masa kecil mereka dengan bahagia.

Terlalu Memanjakan
Pada umumnya, setiap orang tua ingin memberikan hal terbaik bagi anaknya. Hal itu terkadang tanpa sadar membuat ia terlalu memanjakan anaknya. Hal itu akan berakibat buruk bagi pertumbuhan si anak kelak. Seorang anak yang terbiasa dimanja justru membuat ia tumbuh menjadi anak yang tidak mandiri.

Mengabaikan Keinginan Anak
Dalam masa pertumbuhan, seorang anak membutuhkan kasih sayang penuh dari kedua orang tuanya. Oleh sebab itu, sesibuk apapun pekerjaan, jangan sampai Anda mengabaikan keinginan anak. Penuhilah segala permintaannya, namun jangan sampai Anda terlalu memanjakannya. Berikanlah ia kasih sayang yang wajar. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya