SOLOPOS.COM - Ilustrasi ibu dan anak (Emmagem.com)

Tips asuh anak kali ini mengulas soal cara sederhana untuk membiasakan anak dengan matematika.

Solopos.com, SOLO — Salah satu pelajaran yang kerap kali menjadi momok untuk anak saat sudah sekolah adalah matematika. Tahukah Anda? Penguasaan anak terhadap mata pelajaran tersebut dipengaruhi pula oleh sikap keseharian orang tua.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan sejumlah penelitian tentang genetika orang tua dan anak, kemampuan anak di bidang hitungan bisa dipengaruhi oleh faktor genetik. Namun, ada pula studi yang mengatakan teori penelitian tersebut belum kuat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Meskipun ada kemungkinan bahwa ada pengaruh komponen genetik untuk tingkat kecemasan terhadap matematika, faktanya sikap khawatir atau waswas orang tua terhadap matematika memberi efek negatif untuk kemampuan anak. Akan lebih baik jika orang tua tidak ikut membantu pekerjaan rumah [PR] anak jika orang tua terus menunjukkan sikap cemas,” kata Prof Levine, sebagaimana dilansir Express, Rabu (12/8/2015).

Terlepas dari faktor genetika, sikap keseharian orang tua memiliki pengaruh cukup besar bagi kemampuan hitungan dan logika sang buah hati.

Salah satu sikap sederhana yang perlu diperhatikan orang tua terkait pengenalan matematika ini, dengan tidak menunjukkan kecemasan soal mata pelajaran tersebut di hadapan anak.

Sekalipun Anda tahu kemampuan matematika Anda tidak begitu baik, tunjukkan sikap optimis bahwa setiap soal matematika bisa terpecahkan. Sikap ini akan memotivasi anak untuk percaya diri saat berhadapan dengan matematika dan tidak cepat putus asa ketika menemui kesulitan.

Sikap lain yang lebih sederhana adalah dengan mengajak anak memainkan permainan yang berhubungan dengan hitungan atau yang membutuhkan permainan logika. Secara tidak langsung, orang tua bisa memperkenalkan matematika dengan cara mengasyikkan.

“Kita tidak bisa hanya memberitahu orang tua tentang pengaruh kecemasan mereka terhadap anak. Kita perlu mengembangkan alat yang bisa mengajarkan orang tua untuk secara efektif mendekatkan anak dengan matematika,” ujar dokter Erin Maloney.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya