Ilustrasi ibu dan anak (www.laparent.com)

Tips asuh anak kali ini mengulas soal cara untuk meningkatkan rasa percaya diri buah hati Anda.

Solopos.com, SOLO — Membangun kepercayaan diri anak sejak dini bukan sesuatu yang sulit asal orang tua bersedia membimbing sang anak untuk menjadi pribadi yang murah senyum.

Menurut psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo, mengajari anak untuk mudah tersenyum akan memunculkan rasa percaya diri buah hati Anda.

“Dengan mengajarkan berani senyum, rasa percaya diri anak akan muncul,” kata Vera sebagaimana dilansir Okezone, Senin (31/8/2015).

Tak sekadar meningkatkan rasa percaya diri anak, ketika buah hati Anda menjadi pribadi yang murah senyum, ia cenderung merasa lebih aman saat menghadapi pelbagai tekanan lingkungan. Tersenyum juga bisa menghindarkan anak dari risiko bullying.

“Masalah yang dihadapi baik itu peer pressure, bullying, atau masalah lainnya akan mampu dilalui dengan rasa aman dan nyaman. Dengan tersenyum, anak-anak terlihat lebih percaya diri dan disukai teman-teman sehingga risiko jadi korban bullying berkurang,” jelas psikolog anak Vera Itabiliana Hadiwidjojo.

Pembentukan rasa percaya diri anak tentu berkaitan dengan persiapan orang tua menjadikan sang buah hati sukses di masa depan. Sehubungan dengan itu, psikolog dan juga penulis buku, Jonathan Wai, melakukan penelitian soal pengaruh cara asuh anak terhadap kesuksesan buah hati di masa mendatang.

Sebagaimana Solopos.com kutip dari Psychologicaltoday, setidaknya ada lima tips dari Wei untuk mengarahkan anak menuju kesuksesannya.

Lima tips tersebut adalah menjelaskan batasan-batasan norma kepada anak dan menyadari bahwa anak memiliki minat mereka sendiri. Selanjutnya, orang tua tidak terlalu berekspetasi terhadap anak, lalu memberi anak kebebasan untuk memilih, dan terakhir menyelaraskan definisi kesuksesan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten