SOLOPOS.COM - Kebiasaan mengemil anak-anak (livinggreenmag.com)

Tips asuh anak kali ini terkait kebiasaan mengemil pada anak.

Solopos.com, SOLO – Apakah anak Anda doyan ngemil? Waspadalah! Terlalu sering mengemil tidak baik bagi kesehatan anak-anak.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Kebiasaan mengemil membuat anak-anak sulit untuk memakan makanan pokok. Makanan pokok mengandung asupan gizi yang penting bagi tubuh.

Jika anak-anak tidak mau memakannya, maka kebutuhan gizinya tidak dapat dipenuhi dengan baik. Akibatnya, mengemil justru membuat anak-anak kurus dan lemah.

Nah, bagaimana cara menghentikan kebiasaan mengemil pada anak Anda?

Dikutip Solopos.com dari laman Boldsky, Senin (15/6/2015), berikut adalah beberapa cara yang bisa diterapkan untuk menghentikan kebiasaan mengemil pada anak.

Penuhi Kebutuhan Minum pada Anak
Anak-anak cenderung mengabaikan rasa haus. Mereka bisa bertahan tidak minum dalam waktu yang lama. Saat perut mereka keroncongan, mereka akan merengek untuk meminta camilan. Sebab, mereka beranggapan bahwa perut keroncongan adalah pertanda lapar. Padahal, bisa saja yang sebenarnya dirasakan adalah haus, bukan lapar. Karena, rasa lapar dan haus kerap sulit dibedakan. Oleh sebab itu, cukupilah kebutuhan minum mereka.

Atur Jadwal dan Menu Makan
Untuk menghindari kebiasaan mengemil pada anak-anak, maka aturlah jadwal makan mereka. Makan di waktu yang tepat dapat mengontrol keinginan mereka untuk mengemil. Di samping itu, mengatur menu makanan yang akan diberikan kepada anak-anak juga menjadi hal yang penting. Jangan berikan makanan cepat saji kepada anak-anak. Sebab, makanan cepat saji memiliki rasa yang enak di lidah mereka. Selain itu, makanan cepat saji juga tidak baik bagi kesehatan mereka.

Atur Jenis Camilan
Sesekali berikanlah camilan kepada anak-anak. Akan tetapi, perhatikan jenis camilan tersebut. Pilihlah makanan ringan yang jumlah kalorinya tidak lebih dari 100 kalori. Jika perlu, Anda bisa membuat kudapan sehat untuk mereka.

Sembunyikan Semua Camilan
Cara terakhir untuk menghentikan kebiasaan mengemil pada anak-anak adalah dengan menyembunyikan camilan itu. Letakkanlah makanan ringan tersebut di tempat yang sulit dijangkau oleh mereka. Berikanlah camilan tersebut dalam periode waktu tertentu. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya