SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak enggan makan sayur (Feeding My Kid)

Tips asuh anak memberikan tips bagaimana mendidik anak agar suka makan sayur.

Solopos.com, SOLO – Permasalahan umum yang sering dialami orang tua adalah si kecil enggan makan sayur. Mengantisipasi hal tersebut orang tua disarankan memperkenalkan rasa sayur dan buah kepada anaknya sejak dini.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Pakar gizi klinik dan kebugara Rita Ramayulis mengatakan, ketidaksukaan anak-anak terhadap sayur dan buah biasanya muncul dari pola pengasuhan nutrisi yang salah oleh orang tua.

Ekspedisi Mudik 2024

Salah satu kebiasaan yang sering dilakukan adalah mencampur semua bahan makanan mulai dari protein hewani hingga sayur dan buah ke dalam makanan pendamping ASI. Akibatnya, rasa yang dikecap bayi hanyalah rasa daging, ikan, atau telur yang dicampur.

“Saat dicampur dengan protein hewani rasa sayuran akan menghilang sehingga anak tidak mengenal rasa wortel atau buncis sejak dini,” ujarnya, Senin (31/10/2016).

Dikatakan, dalam pengasuhan anak dikenal dua prinsip pemberian makanan. Pertama, adalah prinsip pemenuhan nutrisi, sedangkan prinsip lainnya adalah pembiasaan. Untuk pemenuhan nutrisi pemberian makanan yang dicampur boleh saja di lakukan. Namun, di sela-sela itu Rita menyarankan untuk mulai memperkenalkan anak dengan rasa sayuran.

Bagaimana caranya? Rita memberikan tips sederhana. Ketika memasuki usia satu tahun, anak biasanya memiliki kebiasaan memasukkan segala macam barang ke dalam mulutnya. Para orang tua bisa menyiasati dengan memotong wortel atau buncis yang sudah direbus dengan ukuran sebesar jari si buah hati.

“Letakkan wortel tersebut di dekatnya dan biarkan anak memasukkan wortel tersebut ke dalam mulutnya,” tambahnya.

Menurut Rita, pada awalnya anak pasti akan membuang wortel tersebut. Namun, setelah dilakukan berulang-ulang anak mulai bisa menerima sayuran yang diberikan.

Dengan metode ini rasa sayuran akan terekam di memori si anak sehingga saat dewasa tidak membenci sayur dan buah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya