SOLOPOS.COM - Ilustrasi anak-anak ikut belanja (Irishexaminer.com)

Tips asuh anak hadir untuk memperluas wawasan cara membimbing buah hati.

Solopos.com, SOLO — Mengajarkan anak soal fashion bisa dimulai sejak dini. Hal ini perlu dilakukan oleh orang tua agar kelak, si buah hati bisa berpenampilan dengan baik.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sebagaimana Solopos.com kutip dari Irishexaminer, Senin (22/2/2016), tak usah membayangkan anak Anda harus mengenakan pakaian dengan brand-brand mahal, seperti anak selebriti.

Menurut psikolog Leisha McGrath, yang terpenting dari pakaian anak adalah kenyamanan. Ketika Anda rasa perlu diberi aksesoris, jangan pilih manik-manik yang membuat gerak buah hati terbatas.

Leisha berpendapat, pemilihan aksesoris berlebihan justru bisa mengaburkan identitas si anak. Ia mengimbau agar para orang tua memberi kebebasan anak untuk memilih aksesorisnya.

“Semua hal tentang anak seperti aksesoris malah bisa jadi kurang baik, biarkan saja anak memiliki identitasnya sendiri,” ujar Leisha.

Leisha berpendapat, membebaskan anak untuk memilih aksesorisnya bisa menjadi proses pembentukan kepribadian si kecil.

“Ini hal mendasar dari anak-anak. Mereka ingin mengambil kontrol dalam hidup mereka sendiri untuk membangun apa yang terasa nyaman dan apa cara pandang mereka,” jelas Leisha.

“Ini merupakan bagian penting dari orang tua untuk dapat mengarahkan anak-anak Anda dan memberi mereka batas-batas yang aman dalam berpakaian,” lanjut Leisha.

Leisha berpendapat, jangan memilih baju yang akan membuat gerak bermain anak terbatas. Anak-anak tetaplah anak-anak yang perlu bermain dan bergerak bebas. Hal lain yang tak kalah penting adalah pemilihan warna. Karena perempuan, pilihlajh warna-warna jelas.

Terkait dengan pembelajaran penampilan terhadap anak perempuan, berikut tujuh langkah yang harus diperhatikan oleh orang tua.

1. Ajak dan ikutsertakan anak Anda berbelanja. Biarkan si anak memilih baju yang bagu menurut versinya.

2. Saat berbelanja, pakaian anak dengan celana legging, bisa lengan panjang atau pendek, dipadu dengan kaus dan cardigan. Gaya simpel ini cocok untuk anak.

3. Untuk busana keseharian, Anda bisa memadukan baju tunik dengan legging.

4. Pilih gaun rajut untuk anak. Sebelum memakaikannya, pastikan anak Anda tidak alergi atau merasa gatal.

5. Jelaskan kepada si anak bahwa ia memiliki gaun khususn untuk digunakan di momen-momen tertentu, seperti pesta di rumah saudara.

6. Pastikan si anak memiliki jaket dan baju hangat untuk mengantisipasi cuaca akstrem.

7. Biarkan si anak memadu-padankan baju sesuai imajinasi dan kesenangan mereka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya