SOLOPOS.COM - Ilustrasi tinggalkan rumah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Bagi Anda yang memutuskan pulang ke kampung halaman pada Lebaran 2022 ini, sebaiknya terapkan tips aman tinggalkan rumah saat mudik. Hal ini penting dilakukan mengingat Anda sekeluarga bakal pergi berhari-hari.

Masyarakat diminta berhati-hati menjelang Hari Raya Idul Fitri, pasalnya menjelang Lebaran angka kriminalitas justru akan semakin meningkat. Hal ini disebabkan karena kebutuhan seseorang semakin tinggi ketika menjelang hari raya, sehingga membuat seseorang semakin nekat melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

Promosi Waspada Penipuan Online, Simak Tips Aman Bertransaksi Perbankan saat Lebaran

Nah, agar rumah Anda terhindar dari tindak pencurian atau insiden tak diinginkan lainnya, berikut ini adalah tips aman meninggalkan rumah saat mudik seperti dikutip dari lamudi.com pada Senin (25/4/2022):

1. Kunci Semua Pintu dan Jendela

Sebelum melakukan perjalanan mudik, pastikan untuk mengunci semua pintu, jendela dan pagar rumah. Dan jangan pernah meletakkan kunci tersebut di tempat dimana seseorang dengan mudah mendapatkannya, seperti dibawah keset, dibawah pot atau pun kusen pintu.

Baca Juga: Sejarah Mudik di Indonesia, dari Istilah Mulih Disik hingga Udik

2. Matikan Semua Listrik dan Gas

Cabut semua listrik dan gas untuk mencegah terjadinya kebakaran, dengan mencabut semua listrik dan lampu juga bisa menghemat tagihan listrik. Jangan lupa untuk mencabut selang regulator dan tabung gas agar terhindar dari kebocoran gas.

3. Matikan Saluran Utama PAM

Sebaiknya Anda juga mematikan saluran utama PAM dan keran air, hal ini sengaja dilakukan untuk menghidari kebocoran air dan membengkaknya tagihan air.

Baca Juga: Dishub Solo Sebut Bus Mudik Gratis Bisa Picu Masalah Lalin, Solusinya?

4. Nyalakan Lampu

Salah satu ciri rumah kosong adalah kondisinya yang selalu gelap kendati di malam hari. Untuk itu sebaiknya Anda menyalakan lampu khususnya di malam hari, mintalah tetangga rumah untuk menyalakan lampu setidaknya di bagian rumah.

5. Titip ke Tetangga Terdekat

Tips aman tinggalkan rumah saat mudik adalah menitipkan rumah Anda kepada tetangga terdekat. Ketika hendak melakukan perjalanan mudik berpamitan terlebih dahulu kepada ketua RT atau pihak keamanan rumah, hal tersebut dilakukan agar mereka bisa melakukan pengaman ekstra lebih. Jangan lupa juga untuk memberikan nomor telepon Anda kepada mereka, agar bisa dihubungi ketika ada sesuatu yang darurat.

6. Titip Binatang Peliharaan

Bagi Anda yang memiliki binatang peliharaan, sebaiknya menitipkan binatang kesayangan Anda di tempat penitipan binatang agar kehatan mereka bisa terjaga dengan baik.

Baca Juga: Hindari Jalur Ini di Solo, Rawan Macet Saat Arus Mudik – Balik Lebaran

7. Pasang CCTV

Guna memastikan rumah Anda tetap aman, Anda juga bisa memasang CCTV di sekitar rumah, saat ini sudah banyak dipasaran dijual CCTV yang bisa langsung terkoneksi melalui smartphone. Jadi Anda bisa tetap memantau kondisi rumah walaupun berada di kampong halaman.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya