Tips Aman Jajan di Luar Rumah untuk Cegah Covid-19 Klaster Kuliner

Inilah tips aman jajan di luar rumah untuk mencegah tertular Covid-19 dan munculnya klaster kuliner.

SOLOPOS.COM - Ilustrasi penataan tempat makan selama pandemi Covid-19. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Rumah makan menjadi salah satu klaster penularan COvid-19 yang patut diwaspadai. Sampai saat ini ada beberapa klaster dari usaha kuliner tersebut yang membuat heboh.

Klaster warung makan rentan membuat virus corona jenis baru ini menyebar karena interaksi penjual dan konsumen. Klaster warung makan juga bisa menyebar antarpegawai dan pengelola warung.

Masa pandemi Covid-19 membuat masyarakat wajib menerapkan perilaku baru, salah satunya menjaga protokol kesehatan dengan ketat.

Inilah Wujud Ular Bandotan yang Gigit Tangan Warga Sumberlawang Sragen hingga Melepuh & Menghitam

Klaster kuliner dari warung ayam goreng di Sukoharjo, Tahu Kupat Solo, Mangut Kepala Manyung Bu Fat di Semarang, Soto Lamongan Jogja, hingga yang terbaru warung makan di Wonosari Klaten menunjukkan persebaran virus corona semakin masif.

Fakta tersebut juga harus semestinya mengingatkan untuk selalu waspada dan mengingat pesan ibu untuk tidak sembarangan jajan di luar rumah.

Meski demikian, bukan berarti tidak boleh jajan sama sekali di luar rumah. Anda masih bisa jajan, namun dengan menerapkan panduan aman berikut ini:

Covid-19 Soloraya: Ini 3 Klaster Kuliner yang Bikin Heboh

Selektif Pilih Tempat Makan

Tips jajan kuliner pertama adalah memilih tempat yang tidak ramai pengunjung. Anda bisa memilih restoran yang sudah mengambil tindakan preventif. Mulai dari menyiapkan hand sanitizer, menata kursi dan meja untuk menjaga jarak fisik, hingga pengecekan suhu tubuh.

Jika tempat makan yang Anda kunjungi adalah warung kaki lima, pastikan betul kebersihan dan penerapan protokol kesehatan.

Jangan lupa untuk selalu memakai masker dan pastikan pemilik serta karyawan di sana juga mengenakan masker dengan baik. Memakai masker adalah cara paling sederhana namun wajib dilakukan untuk mencegah tertular virus corona dan munculnya klaster Covid-19.

Ingat 3M! Kunci Memenangi Pertarungan Lawan Covid-19

Hindari Tempat Makan saat Jam Sibuk

Perhatikan waktu berkunjung saat Anda ingin menyantap makanan di suatu kedai. Hindari mengunjungi tempat makan pada jam-jam sibuk, seperti jam makan siang atau akhir pekan.

Menghindari kerumunan adalah cara aman untuk melindungi diri dari virus corona sekaligus mencegah munculnya klaster kuliner di kedai. Anda bisa mendatangi restoran di jam-jam sepi, misalnya sebelum atau sesudah jam makan siang.

Api Abadi Mrapen Padam, Api Bonagung Sragen Malah Tunjukkan Tanda Keabadian

Bawa Alat Makan Sendiri

Tips jajan kuliner berikutnya adalah menyiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk melindungi diri agar tidak tertular virus corona. Termasuk membawa peralatan makan sendiri yang ringan seperti sendok, garpu, atau sumpit.

Jangan Berbagi Makanan

Pastikan Anda tidak berbagi makanan dengan orang lain saat bersantap. Tips jajan kuliner ini perlu dipatuhi untuk menekan risiko penularan virus corona.

Selain itu, jangan berbagi peralatan makan dengan orang lain. Anda juga dianjurkan tidak mencelupkan makanan yang sudah masuk ke mulut ke dalam kuah atau bumbu makanan kembali. Kebiasaan-kebiasaan tersebut bisa jadi faktor utama pada penyebaran virus corona.

Hati-Hati! Obesitas Rentan Covid-19

Siapkan Hand Sanitizer

Membawa hand sanitizer merupakan tips penting menjaga diri dari penularan Covid-19. Cairan pembersih tangan ini juga wajib disediakan di tempat kuliner untuk mencegah klaster baru penularan Covid-19. Selain itu, disarankan untuk mengelap meja terlebih dahulu sebelum menempatinya menggunakan tisu yang sudah diberi hand sanitizer.

Stay Safe! Begini Cara Cegah Covid-19 Klaster Perkantoran

Bawa Uang Pas

Pastikan Anda telah menyiapkan uang pecahan atau yang pas ketika ingin pergi ke tempat makan. Dengan begitu, Anda bisa mengurangi kemungkinkan terpapar virus corona melalui kontak dengan uang kertas. Virus corona diyakini mampu bertahan hingga tiga hari pada permukaan uang kertas.

Jika perlu, ada baiknya untuk membawa plastik bening ketika akan mengunjungi tempat kulineran tertentu. Jadi, apabila ada uang kembalian bisa dimasukkan ke wadah plastik tersebut untuk mengurangi kontak langsung.

Berita Terbaru

Masih Merasa Dampak Sakit, Penderita Long Covid Butuh Dukungan

Solopos.com, SOLO--Seorang perawat kesehatan mental asal London, Inggris, Ellisha Weldon, tak sadar jika dirinya terpapar Covid-19 pada awal pandemi...

Liburan Saat Pandemi Covid-19, Pilihlah Tempat Wisata yang Aman!

Solopos.com, SOLO - Libur panjang pada pekan ini bakal dimanfaatkan oleh sejumlah orang untuk berlibur. Namun, protokol kesehatan perlu...

Catat, Gali Informasi hingga Kelurahan Sebelum Berlibur

Solopos.com, SOLO--Sebelum memutuskan pergi berlibur, masyarakat sebaiknya mencari informasi risiko penularan Covid-19 suatu daerah hingga ke level kelurahan. Hal...

Jaga Imun di Masa Pandemi, Begini Cara Memicu Hormon Bahagia

Solopos.com, JAKARTA — Menjaga suasana hati pada masa pandemi Covid-19 ini penting dilakukan. Dengan menjaga mood tetap bahagia yang...

Begini Cara Physical Distancing Agar Efektif Cegah Corona

Solopos.com, SOLO – Upaya mencegah dan memutus mata rantai penularan virus corona (Covid-19) hingga saat ini terus dilakukan pemerintah....

Ingat, Pertimbangkan Zona Risiko Sebelum Piknik

Solopos.com, SOLO--Liburan di tengah pandemi Covid-19 memerlukan persiapan yang matang. Sebelum memutuskan piknik, ada baiknya masyarakat mempertimbangkan beberapa hal...

Ini Dia Metode 20-20-20, Rahasia Jaga Kesehatan Mata Saat Pandemi

Solopos.com, SOLO -- Saat pandemi Covid-19, kesehatan mata harus betul-betul diperhatikan. Seperti yang diketahui, pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat untuk...

Pentingnya Edukasi Anak Terkait Pandemi Covid-19 dan Protokol Kesehatan yang Harus Diterapkan

Solopos.com, SOLO - Anak-anak menjadi salah satu kalangan yang rentang terpapar Covid-19. Oleh karenanya, orang tua perlu memberikan edukasi...

Hindari Persebaran Covid-19, Ini Beragam Alternatif Liburan di Rumah

Solopos.com, SOLO--Menikmati liburan tanpa harus meninggalkan rumah selama pandemi Covid-19 bisa tetap menyenangkan. Masyarakat bisa menghabiskan waktu quality time...

Libur Panjang, Staycation di Rumah Aja Biar Aman dari Covid-19

Solopos.com, SOLO -- Masa libur panjang mulai 28 Oktober 2020 hingga 1 November 2020 sudah di depan mata. Apakah...