SOLOPOS.COM - Penggalan adegan turunnya Putri Bulan dalam cerita rakyat Tiongkok saat perayaan Tiong Ciu di Kelenteng Poncowinatan, Jogja, Senin (8/9/2014). (JIBI/Harian Jogja/Gilang Jiwana)

Tionghoa Jogja akan merayakan Tiong Ciu sekaligus pemilihan Koko Cici.

Harianjogja.com, SLEMAN—Pada Festival Tiong Ciu yang akan digelar tahun ini, akan ada pemilihan Koko Cici DIY selain tetap menyuguhkan kesenian.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Salah satu pengurus Jogja Chinese Art and Culture Center (JCACC) Soekeno mengungkapkan, mulai tahun ini pemilihan koko cici jadi ikon baru Festival Tiong Ciu yang akan digelar 17 hingga 25 September 2015. Pasangan koko cici yang terpilih nanti akan mewakili DIY untuk kegiatan budaya di DIY.

Ekspedisi Mudik 2024

“Mereka akan menjadi duta budaya. Pemilihan ini akan memberikan warna lain dalam Festival Tiong Ciu,” ujar dia kepada Harianjogja.com di The Sahid Rich Hotel Jogja, Sleman beberapa waktu lalu.

Soekeno menambahkan, dalam festival tersebut juga akan digelar upacara untuk Dewi Bulan, tari-tarian, dan liong dupa. Rencananya, Poncowinatan pun akan ditutup di sisi kanan dan kiri jalan yang diperuntukkan penonton.

Dewi Bulan
Soekeno mengatakan, festival itu bercerita tentang Panglima Hou Yi yang tampan dan menyukai wanita cantik. Ia terkesima ketika melihat Dewi Bulan Chang E turun dari langit. Ia langsung jatuh cinta dan nekad mengejar dan meraih perhatian sang Dewi. Perilakunya sudah kelewatan karena berani mengusik sang Dewi. Karena itulah Hou Yi mendapatkan kutukan atas perbuatannya.

Pada mulanya, festival yang juga digelar di Tiongkok ini digelar untuk merayakan masa panen terakhir di musim gugur. Pada tanggal ini, bulan juga berada pada posisi terdekat dengan bumi sehingga tampak besar dan terang.

Bulan juga memiliki simbol dan makna tersendiri. Bentuknya yang bulat sempurna pada perayaan Tiong Ciu merupakan perlambang keutuhan keluarga dan masyarakat. Biasanya, pada tanggal ini warga Tionghoa akan pulang kampung untuk berkumpul bersama keluarga dan merayakannya bersama-sama.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya