SOLOPOS.COM - Dekan FSM UKSW Dr. Adi Setiawan, M.Sc. (baju kuning) didampingi Wakil Dekan FSM Dr. Wahyu Hari Kristiyanto, M.Pd. (belakang) menyerahkan dokumen PKS tentang Pembinaan Olimpiade Sains Nasional kepada Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Ambarawa. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Kristen Satya Wacana atau UKSW Salatiga melakukan pendampingan ke 4 SMA di Kabupaten Semarang terkait peningkatan prestasi Olimpiade Sains Nasional.

Ini menjadi bagian dari pelayanan dan pengabdian masyarakat UKSW. Kerja sama ini diwujudkan dengan Penandatanganan Perjanjian Kerja sama (PKS) tentang Pembinaan Olimpiade Sains Nasional, Rabu (5/10/2022).

Kerja sama dalam rangka pengabdian kepada masyarakat ini akan melibatkan SMAN 1 Ungaran, SMAN 2 Ungaran, SMAN 1 Bergas, serta SMAN 1 Ambarawa.

Lingkup kerjasama ini adalah Pendampingan Peningkatan Prestasi Sains dan Matematika di SMA dalam bentuk Bimbingan Persiapan Olimpiade Sains Nasional bagi Siswa bidang Fisika, Matematika, Kimia, Kebumian, dan Astronomi.

Baca Juga: UKSW dan DCS Semarang Jalin Kerja Sama, Ini Bentuknya

“Kegiatan ini merupakan bagian Pengabdian Masyarakat dalam melaksanakan bantuan peningkatan prestasi sekolah dalam bidang Sains dan Matematika, serta mendekatkan FSM dengan sekolah yang memiliki siswa-siswa yang nantinya dapat menempuh pendidikan perguruan tinggi di FSM,” ungkap Wakil Dekan FSM Dr. Wahyu Hari Kristiyanto, M.Pd, dalam siaran pers yang diterima Solopos.com, Minggu (23/10/2022).

Dalam PKS tersebut, disepakati bentuk kerja sama lanjutan yang akan dilakukan adalah pengiriman dosen-dosen FSM untuk menjadi pengajar tamu untuk mata pelajaran Fisika, Matematika, dan Kimia bagi siswa-siswi SMA-SMA tersebut.

Selain itu telah dilakukan bimbingan siswa perwakilan sekolah yang diutus mengikuti lomba tingkat kabupaten dan provinsi.

Wahyu mengungkapkan sampai saat ini jumlah siswa yang mengikuti bimbingan pelajaran untuk mengikuti lomba tingkat kabupaten adalah sebanyak 5 siswa per mata pelajaran dari masing-masing sekolah.

Baca Juga: Terapkan Whole Person Education, UKSW Salatiga Cetak Lulusan Sarat Prestasi

Nantinya siswa-siswi ini akan dibimbing oleh 1 hingga 4 dosen dan mahasiswanya dalam setiap bidang pelajaran.

Penandatanganan perjanjian kerja sama yang bertempat di Gedung FSM UKSW ini, pihak FSM UKSW dihadiri oleh Dekan FSM Dr. Adi Setiawan, M.Sc., dan Wakil Dekan FSM Dr. Wahyu Hari Kristiyanto, M.Pd.

Sementara itu, dari pihak SMA di Kabupaten Semarang dihadiri oleh Kepala SMAN 1 Ungaran Drs. Kaswanto, M.Pd., Kepala SMAN 2 Ungaran Subroto, S.Pd., M.Pd., Kepala SMA N 1 Bergas Supriyanto, S.Pd., dan Kepala SMAN 1 Ambarawa Budi Hartati, M.Pd.

Diungkapkan Supriyanto yang juga merupakan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA-SMA di Kabupaten Semarang, kerja sama ini sangat membantu program sekolah dalam capaian dalam pembinaan prestasi siswa.

Baca Juga: Cerita Mahasiswa UKSW Seusai Solopos Goes to Campus 2022

Kepala SMAN 1 Ambarawa mengungkapkan dukungannya atas kegiatan ini. “Kami mendukung Implementasi Kurikulum Merdeka di sekolah. Hal ini dapat dilakukan dengan menggandeng perguruan tinggi untuk pengembangan perangkat maupun pelaksanaan pembelajaran yang inovatif,” imbuh Budi Hartanti.

Rekomendasi
Berita Lainnya