Ilustrasi Qualcomm. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA - Qualcomm Technologies, anak perusahaan dari Qualcomm Inc., mengumumkan platform terbaru untuk seri 200, yaitu Qualcomm 215 Mobile Platform.

Kedar Kondap, Vice President of Product Management Qualcomm Technologies, mengatakan peluncuran platform yang menggabungkan CPU 64-bit dan ISP ganda tersebut adalah momentum penting dalam pengembangan seluruh industri seluler.

 “Kami meningkatkan standar untuk produk ponsel massal dan memungkinkan pengalaman yang sebelumnya tidak pernah mungkin ada di seri 200," ujarnya dalam keterangan resmi Qualcomm yang diterima Bisnis.com, Rabu (10/7/2019).

Adapun, platform tersebut menghadirkan pengalaman mobile terdepan bagi para pengguna ponsel pintar di tingkat pemula (entry level) yang membutuhkan kinerja yang handal dan tahan lama.

 Secara teknis, Qualcomm 215 Mobile Platform berfungsi meningkatkan performa dan daya tahan baterai, performa ponsel saat bermain gim atau mengakses layanan hiburan lainnya, dan konektivitas.

 Untuk meningkatkan daya tahan, Qualcomm 215 dirancang khusus untuk memberikan kinerja CPU hingga 50% lebih tinggi dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Adanya CPU 64-bit pertama di seri 200 ini, menandakan peningkatan yang besar dalam kinerja dan menawarkan usia perangkat yang lebih baik melalui dukungan aplikasi 64-bit yang modern.

 Selain itu, dalam menghasilkan kinerja yang tahan lama, Qualcomm 215 mengombinasikan DSP Qualcomm Hexagon terintegrasi yang dirancang untuk mendukung pemutaran musik hingga lebih dari lima hari, serta GPU Qualcomm Adreno 308 untuk tampilan layar dan pemrosesan video yang mendukung penggunaan lebih dari 10 jam pemutaran video.

Qualcomm 215 juga mendukung teknologi Qualcomm Quick Charge yang didesain untuk memungkinkan pegguna mengisi daya hingga 75% lebih cepat dari pengisian daya tradisional, memungkinkan konsumsi daya dan pembuangan panas yang lebih rendah, serta mengurangi waktu pengisian daya tanpa kompromi pada performa.

Menyoal kemampuan platform ini dalam menunjang layanan hiburan, Qualcomm 215 menggunakan dua ISP yang mampu mendukung penggunaan maksimal kamera ganda.

"Dengan dukungan dari ekosistem mitra pihak ketiga kami, dual kamera dapat menjalankan optical zoom dan depth sensing, menghasilkan foto yang kaya akan detail secara keseluruhan," lanjutnya.

 Perangkat tersebut juga mampu menangkap gambar dengan resolusi hingga 13 megapiksel. Qualcomm 215 disebut sebagai platform pertama yang mendukung HD+ di seri 200, dengan menawarkan aspek rasio lebih luas sehingga pengguna dapat melakukan penelusuran dan menonton dengan pengalaman yang lebih baik.

 Selain itu, dengan dukungan GPU Adreno 308, Qualcomm 215 meningkatkan kinerja gaming-nya hingga 28% dibandingkan dengan generasi sebelumnya, dengan memungkinkan hadirnya grafis yang halus untuk casual gaming.

 Tidak hanya daya tahan dan layanan hiburan, untuk urusan konektivitas selular pun, Qualcomm 215 yang terintegrasi dengan modem Qualcomm Snapdragon X5, juga memiliki keunggulan, baik untuk penggunaan di dalam rumah maupun pada saat bepergian.

Qualcomm 215 mendukung LTE Cat 4 dengan kemampuan carrier aggregation untuk tingkat data dan pengunduhan yang cepat hingga 150Mbps.

Dengan kemampuan yang dimiliki, Qualcomm 215 menjadi platform pertama dalam seri 200 yang mendukung EVS Voice Calls (“Ultra HD Voice Calls) dan Dual Sim dengan Dual Voice-over-LTE (VoLTE) yang memberikan kebebasan pada pengguna untuk menggunakan lebih dari satu SIM untuk 4G LTE secara bersamaan, dengan suara dan data yang berkualitas tinggi, pemisahan nomor kerja dan nomor personal, dan pengoptimalan biaya konektivitas selular dengan memanfaatkan berbagai paket data yang ditawarkan operator berbeda.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten