SOLOPOS.COM - Ilustrasi Muhammadiyah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada 24 April 2020. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Untuk meningkatkan mutu pendidikan Islam yang berbasis pada kearifan budaya lokal, akan berdiri Madrasah Ibtidaiah Muhammadiyah (MIM) Akhlakul Karimah (AKA) di Mojogedang, Kabupaten Karanganyar, dalam waktu dekat.

Pendirian MIM AKA didukung dan didampingi para ahli dari FKIP UMS, FKUP UNS, F Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga, STAIN Surakarta, FKIP UAD Yogyakarta, Uhamka Jakarta, dan masih banyak lagi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Getaran Gempa M5,0 Bangkitkan Trauma Gempa Klaten 2006

Sejumlah guru besar dan pemerhati pendidikan Islam dari UGM Prof Chairil Anwar, Rektor UMS Prof Sofyan Anif, Prof Imam Robandi, Rektor UMY, Rektor UAD Yogyakarta, Rektor ITS PKU Surakarta, dan sejumlah pakar pendidikan Islam akan menjadi pendamping langsung teehadap MIM AKA ini.

Bahkan Atdikbud RI di Washington DC, Prof Poppy Rufaidah, dan Atdikbud RI Prancis serta Ustaz Anizar juga turut memberikan dukungan. Ketua Alumni Universitas Al Azhar Mesir Cairo juga diklaim akan mendampingi MIM AKA ini.

Desain kurikulum MIM AKA ini akan disiapkan secara khusus dengan inovasi dan kreativitas berbasis HOTS namun tetap dalam kerarangka Islam yang berakhlakul karimah.

Untuk mempercepat mutu MIM AKA ini, ustaz yang akan menjadi guru di MIM AKA akan magang dulu di sejumlah MI unggulan di Yogyakarta, Surabaya, Solo, dan di beberapa MI unggulan lainnya.

Saat ini sedang dalam proses tahap awal pembangunan disain gedung, penyiapan kurikulum khusus, seleksi SDM, pegembangan manajamen, sarana prasarana, dan lain-lain.

Soal Penyerangan Wakapolres, Bupati Karanganyar: Pelaku Sudah Diracuni Pikirannya

Dekan FKIP UMS Prof Harun Joko Prayitno dan Ketua ALPTK PTM selaku pemrakarsa MIM AKA Mojogedang berharap menjadi sekolah benar-benar unggul di bidang akhlak, unggul di bidang iptkes, dan unggul di bidang karakter.

Demikian pernyataan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Karanganyar, Muh Syamsuri dan Camat Mojogedang Eko Joko Iswanto dalam rapat percepatan MIM AKA Mojogedang Jumat (19/6/2020).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya