Tutup Iklan

Tingkatkan Minat Baca Anak Zaman Now, Sukoharjo Luncurkan Kafe Perpustakaan

Pemkab Sukoharjo meluncurkan kafe perpustakaan untuk meningkatkan minat baca.

Tingkatkan Minat Baca Anak Zaman Now, Sukoharjo Luncurkan Kafe Perpustakaan

SOLOPOS.COM - Wasis Library and Cafe di Desa Bentakan, Kecamatan Baki diluncurkan Pemkab Sukoharjo, Senin (6/1/2020). (istimewa/Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah)

Solopos.com, SUKOHARJO– Pemerintah Kabupaten Sukoharjo gencar meningkatkan minat baca terhadap generasi zaman now. Salah satu upayanya, Pemkab Sukoharjo meluncurkan Wasis Library and Cafe di Desa Bentakan, Kecamatan Baki, Senin (6/1/2020).

Pustakawan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Sukoharjo Tunardi mengatakan Wasis Library and Cafe diluncurkan di Desa Bentakan sebagai perpustakaan unggulan di Kabupaten Sukoharjo. Konsepnya perpustakaan desa dibangun dengan dilengkapi kafe sekaligus sebagai tempat nongkrong anak-anak zaman now.

“Sasarannya kafe perpustaan ini adalah generasi milenial. Dimana perpustakaan dikonsep dengan kafe kopi, jadi nongkrong sekaligus baca buku,” kata dia kepada wartawan, Senin.

Alasan Orang Terkaya Afrika Borong 10.000 Mobil Pedesaan Sukiyat: Bisa Offroad

Dia mengakui saat ini minat baca generasi milenial masih tergolong rendah. Kemajuan teknologi internet menjadi penyebab. Mereka cenderung menggunakan media internet ketimbang membaca buku. Selain itu belum tumbuhnya kesadaran pentingnya membaca buku menjadi faktor lain.

Mereka masih berpandangan, membaca hanya wajib bagi anak sekolah. Sementara setelah lulus dari sekolah tidak perlu lagi membaca. “Hampir 80% pengunjung perpustakaan adalah anak sekolah dan mahasiswa. Sedangkan sisanya ibu rumah tangga, orang tua dan lainnya,” kata dia.

Dia mengatakan Pemkab Sukoharjo terus menambah jumlah perpustakaan desa atau kelurahan. Salah satu sebagai upaya meningkatkan minat baca tersebut. Merujuk data hingga 2019, jumlah perpustakaan desa atau kelurahan ada 32 dari total 167 desa/kelurahan.

Namun yang unggulan baru delapan 8 perpustaan desa atau kelurahan. Yakni Perpus kelurahan Dukuh, Perpus Desa Trangsan, Perpus Kelurahan Bulakan, Perpus Kelurahan Combongan, Perpus Desa Cangkol, Perpus Desa Jatingarang, dan Perpus Desa Bentakan.

Ribuan Rumah Bersubsidi Akan Dibangun di Soloraya Tahun Ini

Saat ini jumlah pengunjung perpustakaan daerah rata-rata per bulan mencapai 1.000 orang. Dengan pengunjung paling mendominasi adalah kalangan pelajar dan mahasiswa. Sementara aparatur sipil negara (ASN) dan masyarakat umum lainnya masih minim.

Berbagai cara terus dilakukan untuk menarik minat warga berkunjung ke perpustakaan. Di antaranya menggencarkan kegiatan literasi ke sekolah-sekolah, kemudian pelatihan menulis hingga story telling bagi para tenaga pendidik. “Saat ini kita juga memiliki perpustakaan manual dan digital. Untuk perpustakaan digital bisa diunduh melalui Google Playstore e-perpus Sukoharjo,” katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini

Ledakan Kasus Covid-19 Jateng, Kapolda Beberkan Penyebabnya

Kapolda Jateng membeberkan penyebab ledakan kasus Covid-19 dalam beberapa hari terakhir di Jawa Tengah.

Begini Kronologi Pasien Covid-19 Sragen Telantar 1,5 Jam di RS hingga Dibawa Pulang Keluarga

Seorang pasien Covid-19 di Sragen telantar selama 1,5 jam di rumah sakit. Keluarga pun membawa pasien berinisial Kl itu kembali ke rumah.

Ayo Piknik, Ada Paket Menarik di Nava Hotel Saat International Picnic Day

Nava Hotel mengajak masyarakat piknik menjelajahi pesona Tawangmangu Karanganyar saat International Picnic Day pada 18 Juni 2021,

Fakta Baru! Pelaku Di Bawah Pengaruh Miras Saat Aniaya Pemuda Jumapolo Karanganyar

Pelaku yang aniaya pemuda asal Jumapolo, Karanganyar, diketahui berada dalam pengaruh minuman keras saat melakukan penganiayaan.

Guru Modis Guru Idola Masa Kini

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 9 Juni 2021. Esai ini karya Astutiati, guru di SDN 1 Brangkal, Kecamatan Wedi, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah.

Telantar 1,5 Jam di RS, Pasien Covid-19 di Sragen Dibawa Pulang Keluarga

Keluarga pasien asal Sragen Kulon, Kecamatan Sragen, dibuat kesal karena tidak ada rumah sakit yang mau merawat pasien tersebut setelah dinyatakan positif Covid-19.

Jaga Kota Solo Aman, Ormas dan Polisi Harus Lakukan Ini

Kondisi keamanan dan ketertiban Kota Solo merupakan barometer keamanan dan ketertiban skala Nasional. Oleh karenanya rasa persatuan dan kesatuan harus selalu terjaga.

Positif Covid-19, Tujuh Anggota TNI Jalani Karantina Di Benteng Vastenburg Solo

Tujuh anggota TNI positif Covid-19 saat hendak menjalankan tugas TMMD dan saat ini menjalani karantina di Benteng Vastenburg Solo.

4 Warga Meninggal Kena Covid-19, 1 Gang di Kota Mojokerto Lockdown

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kota Mojokerto Gaguk Tri Prasetyo, mengatakan saat ini tracing diperluas ke Sidomulyo gang 3.

Gas! Rute ke Gunung Telomoyo Magelang Pacu Adrenalin

Pengunjung yang akan ke puncak Gunung Telomoyo Magelang harus mempunyai kemampuan bersepeda motor yang baik agar sampai tujuan.

Duh! Gara-Gara Postingan Di Medsos, 6 Orang Rusak 2 Rumah Dan Aniaya Warga Mojogedang Karanganyar

Enam orang ditangkap polisi karena nekat rusak rumah warga Mojogedang, Karanganyar, gara-gara tersinggung dengan postingan di media sosial.

Prediksi Italia Vs Swiss: Misi Amankan Tiket 16 Besar

Timnas Italia berpotensi menjadi tim pertama yang menyegel tiket ke fase gugur Euro 2020 tapi harus menumbangkan Swiss dalam laga kedua Grup B.