SOLOPOS.COM - Ilustrasi guru PAUD. (Dok. Solopos.com)

Solopos.com, SOLO—Dinas Pendidikan Kota Solo memfasilitasi guru PAUD dan TK untuk meningkatkan kemampuan dan mendapatkan gelar sarjana. Hal itu dilakukan untuk meningkatkan kualitas guru.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Solo, Dian Rineta, mengatakan masih ada beberapa standar yang kurang dalam pelayanan Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD. Salah satu hal yang perlu ditingkatkan adalah kualitas guru.

Promosi Jaga Jaringan, Telkom Punya Squad Khusus dan Tools Jenius

“Jadi masih ada nilai yang belum maksimal, yaitu guru PAUD yang belum minimal D3 atau S1,” kata dia ketika dimintai keterangan Solopos.com, belum lama ini.

Menurut dia, Pemerintah Kota Solo melalui Disdik memiliki tanggung jawab untuk meningkatkan standar kompetensi dari guru PAUD. 

Dia mengatakan Disdik Solo mengalokasikan anggaran untuk memberikan penambahan kompetensi berupa peningkatan para guru PAUD yang belum D3 atau S1. Pihaknya bekerja sama dengan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

Dian mengatakan tahun ini ada 25 guru PAUD yang akan mengikuti program tersebut. Dia menyebut program itu akan terus berlanjut sampai tahun-tahun berikutnya. Targetnya dalam lima tahun guru PAUD di Kota Solo sudah memiliki gelar D3 atau S1.

Kerja sama yang terjalin antara Disdik Solo dan FKIP UNS adalah perihal Swakelola Tipe II pada Paket Pekerjaan Peningkatan Pemenuhan Standar Kualifikasi Akademik S-1 Guru PAUD Kota Solo. 

Hal ini rencananya direalisasikan melalui penyelenggaraan Studi Lanjut Ke Jenjang Sarjana (S-1) Pendidikan Guru PAUD FKIP UNS. 

Kerja sama tersebut dilaksanakan melalui Jalur Program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) bagi guru-guru PAUD Kota Solo. Tujuan kerja sama ini sebagai upaya untuk meningkatkan kualifikasi akademik Guru PAUD.

Dekan FKIP UNS Solo, Mardiyana mengatakan kerja sama ini juga merupakan fondasi penting bagi perkembangan anak-anak di masa depan. Melalui jalur RPL, guru-guru PAUD di Kota Solo memiliki akses lebih mudah untuk melanjutkan studi ke jenjang sarjana tanpa harus meninggalkan pekerjaan mereka.

“Pada akhirnya, guru PAUD mampu memberikan dampak positif yang signifikan pada masa depan pendidikan anak-anak usia dini di Kota Solo,” kata dia  dalam keterangan tertulis yang diterima Solopos.com, Jumat (10/5/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya