SOLOPOS.COM - Sejumlah guru SMK Negeri 9 melukis bersama di Taman Balekambang, Solo, Senin (17/12/2012). (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

Sejumlah guru SMK Negeri 9 melukis bersama di Taman Balekambang, Solo, Senin (17/12/2012). (Agoes Rudianto/JIBI/SOLOPOS)

SOLO -– Guru-guru jurusan desain komunikasi visual (DKV) SKM Negeri 9 Solo berlatih menggambar bersama di Taman Balekambang, Senin (17/12/2012). Kegiatan itu untuk menyegarkan kembali ilmu dan melatih keterampilan dalam membuat sketsa.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Penggagas kegiatan itu, Paryatno, menjelaskan dengan melakukan latihan bersama atau workshop di luar ruangan bisa memunculkan inspirasi dan menggali ide-ide baru, sehingga guru dapat mengembangkan hasil karya yang dijadikan bahan ajar bagi siswa. “Selama ini hanya berlatih di ruangan sekolah dan terhalang tembok-tembok,” jelasnya saat ditemui Solopos.com, Senin (17/12/2012).

Ekspedisi Mudik 2024

Bidang ilmu keterampilan seperti seni rupa dan DKV itu sangat membutuhkan latihan agar kemampuan para guru bisa terus terasah. Karena jika tidak digunakan untuk praktik kemungkinan besar kemampuan dan ketajaman intuisi dalam berseni akan tumpul.

Latihan pembuatan sketsa bertema lingkungan itu diikuti lima guru. Guru-guru duduk di tikar yang digelar di atas rumput sambil memangku buku gambar berukuran A3. Bermacam-macam sketsa dibentuk menggunakan pensil. Saat itu Paryatno membuat gambar ilustrasi yang menyampaikan pesan mengenai kebijakan 30% ruang terbuka hijau. Ilustrasi dibuat dengan komponen-komponen objek gambar manusia, kereta jaladara, rusa, pohon-pohonan.

Sedangkan ketua program DKV, Agung Prasetyo, kali itu membuat sketsa gambar inovasi yang menunjukkan pentingnya air bagi kehidupan manusia. Sketsa gambar inovasi itu terbentuk dari komponen objek gambar berbentuk teko terbang yang berasal dari lautan di planet bumi.

“Teko sebagai simbol air yang sangat dibutuhkan manusia,” jelasnya.

Dengan kegiatan di luar ruangan itu, Agung berharap para guru bisa terus meningkatkan kompetensi dan profesionalismenya, sehingga bisa menyampaikan ilmu dengan baik kepada siswa. Lebih lanjut dijelaskan setelah latihan bersama membuat sketsa, ke depannya akan dilanjutkan dengan melukis langsung di atas kanvas. “Kemungkinan besar hal itu akan terlaksana tahun depan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya