SOLOPOS.COM - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir saat kunjungan ke Tarutung, Sumatra Utara. (Istimewa)

Solopos.com, TARUTUNG – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai BUMN telekomunikasi berkomitmen untuk turut serta mengambil peran dalam mengakselerasi peningkatan pendidikan di Indonesia, terutama melalui langkah digitalisasi.

Mengingat sektor pendidikan merupakan salah satu fokus utama Pemerintah untuk terus dikembangkan tahun ini, di mana peningkatan mutu pendidikan diyakini dapat mendukung lahirnya talenta terbaik bangsa di masa mendatang.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Komitmen ini telah dilaksanakan Telkom secara berkelanjutan dari tahun ke tahun dengan harapan generasi muda penerus bangsa dapat menikmati pendidikan yang merata di seluruh Indonesia, hingga pelosok.

Kali ini, Telkom menghadirkan digitalisasi pendidikan di Sekolah Menegah Atas Swasta (SMAS) HKBP 1 dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Siatas Barita, Tarutung, Sumatra
Utara.

Hal ini ditandai dengan kunjungan dan penyerahan simbolis dukungan digitalisasi pendidikan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, didampingi Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah, dan Direktur Sales Telkomsel Adiwinahyu Basuki Sigit, pada Kamis (19/5/2022).

Baca Juga: Raih GPTW, Telkom Jadi Dream Job Bagi Pencari Kerja di Indonesia 

Bantuan digitalisasi yang diberikan kepada Kepala SMAS HKBP 1 Tarutung dan SMKN 1 Siatas Barita tersebut berupa laboratorium komputer yang terdiri dari perangkat komputer untuk sekolah dan laptop untuk guru serta penyediaan akses Internet.

Selain itu, Telkom juga menyediakan layanan Pijar Sekolah yang merupakan platform pembelajaran secara digital yang meliputi proses belajar-mengajar, sistem manajemen sekolah, dan konten pembelajaran.

Kepada seluruh siswa yang hadir, Menteri BUMN berpesan bahwa tantangan generasi muda Indonesia adalah harus siap menghadapi perubahan dan mengerti teknologi. Menteri BUMN mendorong percepatan pemanfaatan digital (digitalisasi) di dunia pendidikan sebagai strategi menghadapi disrupsi digital.

“Hari ini tantangan generasi muda Indonesia adalah harus mempersiapkan diri di era digital dan menghadapi perubahan dengan menjadi bagian dari perubahan itu sendiri. Saatnya generasi muda dan dunia pendidikan tampil di depan, sehingga kita tidak lagi menjadi buih di era disrupsi digital ini, kira harus tampil ambil bagian dan menjadi ombak,” ujar Erick Thohir dalam rilis yang diterima Solopos.com, Jumat (20/5/2022).

Baca Juga: Keren, Telkom Jadi BUMN Pertama Raih Sertifikasi Great Place to Work

Sementara itu Kepala SMAS HKBP 1 Tarutung Tumbur Silaban, S.Pd, M.M. menyampaikan terima kasih atas dukungan Kementerian BUMN dan juga Telkom dalam mendorong peningkatan pendidikan Indonesia, khususnya di SMAS HKBP 1 Tarutung.

“Semoga bantuan yg diberikan Telkom dapat membantu pembelajaran di SMA Swasta HKBP 1 Tarutung, sehingga ke depannya siswa dan siswi yang ada di sekolah ini bisa lebih mengetahui dan memahami tentang teknologi informasi dan teknologi,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Menteri BUMN berinteraksi dengan 300 siswa dan siswi SMAS HBKP 1 Tarutung. Tidak hanya berdiskusi, para siswa juga memanfaatkan momen penting ini untuk
dapat unjuk bakat, seperti tarian adat tor-tor, olahraga, dan kesenian vocal group. Selain itu, Menteri BUMN juga berkesempatan untuk menyapa komunitas eSport yang ada di Tarutung yang
turut hadir di lokasi.

Baca Juga: Kinerja Telkom Diprediksi Kinclong sampai Akhir Tahun, Ini Penjelasannya

“Pendidikan menjadi salah satu sektor yang fokus untuk Telkom dukung dan kembangkan. Untuk itu, tidak hanya penyediaan infrastruktur dan layanan telekomunikasi berupa akses internet
maupun perangkat, Telkom juga menghadirkan solusi digital untuk pendidikan di mana proses belajar mengajar dapat lebih mudah dilakukan. Kami meyakini bahwa dengan adanya digitalisasi, pendidikan Indonesia dapat membuat suatu lompatan yang jauh hingga mampu sejajar dengan negara maju lainnya,” ujar Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah.

Komitmen Telkom untuk membangun pendidikan Indonesia telah dilakukan sejak lama melalui berbagai program seperti Internet Goes to School, Bagimu Guru Kupersembahkan, Indonesia Digital Learning, My Teacher My Hero, Broadband Learning Center, Pustaka Digital, Employee Volunteer Program, dan lainnya.

Diharapkan dengan adanya berbagai dukungan ini dan optimalisasi #DigitalUntukSemua, siswa siswi penerus bangsa dapat memperoleh pendidikan yang setara sehingga mimpi untuk melahirkan talenta digital terbaik Indonesia dapat direalisasikan secepatnya di waktu mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya