Guru dan siswa SMPN 1 Selogiri membaca buku di perpustakaan sekolah tersebut, Rabu (8/5/2019)./Rudi Hartono

SMPN 1 Selogiri

Solopos.com, WONOGIRI--Siswa SMPN 1 Selogiri tak asing lagi dengan kegiatan literasi. Mereka sudah akrab dengan kegiatan tersebut karena pihak sekolah memiliki program khusus yang dilaksanakan sejak beberapa tahun terakhir. Kepala Perpustakaan SMPN 1 Selogiri, Harmini, saat ditemui Espos di kantornya, Rabu (8/5/2019), menyampaikan sekolahnya menjalin kerja sama dengan Perpustaan Daerah (Perpusda) Wonogiri sejak lebih kurang empat tahun lalu. Realisasi dari kerja sama itu Perpusda mengirimkan perpustakaan keliling ke SMPN 1 Selogiri sebulan sekali.

Biasanya, perpustakaan keliling menyambangi SMP yang tak jauh dari Kantor Kecamatan Selogiri itu pada Jumat pekan kedua saat jam pertama pelajaran. Siswa dipersilakan membaca atau meminjam satu buku. Mereka diberi waktu sebulan untuk meminjam tersebut. Siswa dapat mengembalikannya kepada petugas perpustakaan sekolah jika sudah selesai membaca. Biasanya sebelum perpustakaan keliling tiba, guru memberi tugas siswa merangkum isi buku yang dibacanya. Hal itu untuk memotivasi siswa membaca.

“Selama ini program berjalan baik. Perpustakaan Keliling Perpusda rutin ke sekolah,” kata Harmini didampingi petugas perpustakaan setempat, Mulyani.

Tak hanya itu, sekolah juga membuat program lain untuk memotivasi siswa agar gemar membaca, seperti membuat pojok baca yang berisi buku non-pelajaran di setiap kelas. Siswa didorong membawa buku non-pelajaran ke sekolah untuk dibaca di kelas. Jika sudah selesai buku diletakkan di pojok baca agar pada hari berikutnya dapat kembali dibaca. Siswa lainnya pun dapat membaca buku itu secara bergantian.

“Perpustakaan sekolah juga berperan meningkatkan minat baca siswa. Setiap hari ada siswa yang berkunjung ke perpustakaan. Kadang jumlahnya mencapai puluhan orang, kadang hanya belasan. Jumlahnya fluktuatif. Kadang guru memberi tugas siswa yang menuntut mereka mencari referensi di perpustakaan. Cara itu bisa memotivasi siswa membaca,” imbuh Harmini mewakili Kepala SMPN 1 Selogiri, Kristiadi.

Dia menyebut perpustakaan sekolah memiliki cukup banyak koleksi buku. Harmini mencatat perpustakaan yang dikelolanya memiliki 27.080 eksemplar buku dari 3.817 judul buku. Buku itu seperti nonfiksi, fiksi, paket pelajaran, kamus, ensiklopedia, karya siswa, majalah, dan sebagainya. Setiap tahun sekolah memberi hadiah kepada siswa yang paling sering berkunjung ke perpustakaan dan meminjam buku paling banyak. Hadiah berupa buku dan alat tulis.

“Pemberian hadiah ini cukup efektif untuk memancing siswa berkunjung ke perpustakaan,” ucap Harmini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten