Tingkatkan Awareness Masyarakat Terkait Keamanan Bertransaksi Digital, BI Lakukan Ini

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengadakan webinar Interoperabilitas Sistem Pembayaran dan Keamanan Bertransaksi di Era Digital.

 Webinar Interoperabilitas Sistem Pembayaran dan Keamanan Bertransaksi di Era Digital pada Rabu (15/9/2021). (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

SOLOPOS.COM - Webinar Interoperabilitas Sistem Pembayaran dan Keamanan Bertransaksi di Era Digital pada Rabu (15/9/2021). (Farida Trisnaningtyas/Solopos)

Solopos.com, SOLO — Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo mengadakan webinar Interoperabilitas Sistem Pembayaran dan Keamanan Bertransaksi di Era Digital pada Rabu (15/9/2021).

Hal ini untuk meningkatkan awareness dan pemahaman masyarakat kaitan kebijakan terkini sistem pembayaran Indonesia dan keamanan bertransaksi di era digital.

Kepala KPw BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, Bank Indonesia terus berupaya untuk mengakomodasi setiap kebutuhan masyarakat dalam hal perpindahan dana secara cepat, mudah, murah, aman, dan andal seiring dengan percepatan inovasi teknologi pembayaran yang juga bermunculan dengan sangat pesat.

“Bank Indonesia tentunya juga selalu memastikan setiap perkembangan sistem pembayaran harus berada pada koridor ketentuan yang berlaku demi kelancaran dan keamanan jalannya kegiatan sistem pembayaran. Selaras dengan hal tersebut, keamanan bertransaksi secara nontunai juga menjadi sebuah konsekuensi logis di era digital. Dalam hal ini, masyarakat perlu mendapatkan sosialisasi dan edukasi agar terbangun konsumen yang cerdas dan berdaya sehingga dapat menghindari ekses negatif dalam bertransaksi digital,” ujar dia, kepada wartawan, Rabu.

Baca Juga: Belanja Sekaligus Donasi di Pisalin Joli Jolan Batik Lawas

Analis Senior Departemen Penyelenggaraan Sistem Pembayaran BI, Novi Cahyono, yang hadir sebagai narasumber menjelaskan tren pembayaran di Indonesia terus berkembang. Bentuk fisik terus berevolusi mengikuti teknologi.

“Tren digitalisasi telah memengaruhi sendi-sendi perekonomian, mengubah pola transaksi masyarakat baik individu maupun korporasi serta mendisrupsi fungsi-fungsi konvensional, tidak terkecuali di sektor keuangan,” kata dia.

Novi menerangkan oportunitas digital masih terkonsentrasi di Pulau Jawa khususnya Jakarta. Pihaknya berharap ini bisa diperluas ke seluruh Indonesia. Sebanyak 84,3% masih terpusat di Jabodetabek. Adapun bonus demografi Indonesia yang memiliki 270 juta jiwa penduduk merupakan pasar yang sangat besar baik untuk pembayaran digital, e-commerce, dan inklusi keuangan.

Baca Juga: Belajar Bahasa Inggris sambil Rebahan? Yuk, Simak Cara Berikut Ini

Sedangkan selama pandemi, transformasi digital dan pertumbuhan transaksi digital semakin terakselerasi. Pada early stage mulai muncul teknologi finansial e-commerce (2019). Setelahnya terjadi transformasi digital kemudian yang dipicu adanya pandemi Covid-19. Sekarang ini masuk tahap pemulihan ekonomi dengan transformasi digital. Ini meliputi digital banking, e-commerce, uang elektronik, dan QRIS.

“Transaksi e-commerce di berbagai daerah selalu identik dengan tingginya penggunaan e-payments. Transaksi nontunai dapat terakselerasi oleh meluasnya penggunaan e-commerce yang umumnya diminati milenial,” papar dia.

Analis Eskekutif Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI, Artarini Savitri, berharap dapat memberikan pemahaman yang lebih baik bagi masyarakat untuk menjadi konsumen yang lebih berdaya, lebih paham kaitan perlindungan data pribadi, dan melakukan pengaduan jika terdapat permasalahan dalam bertransaksi digital.


Berita Terkait

Berita Terkini

Meramal Nasib Milenial di Tahun 2045

Salah satu tantangan besar yang mengadang milenial saat ini adalah tidak sedikit dari mereka juga menyandang status sebagai generasi sandwich.

Dear Penjual Online, Kulakan Pakai Paylater Saja Jangan Pinjam Pinjol

Pelaku UMKM yang telah bergabung ke ekosistem digital bisa berkembang lewat mengakses permodalan yang pas, salah satunya lewat skema bayar tunda atau paylater.

Rute Penerbangan Luar Negeri Disebut Bikin Garuda Indonesia Rugi

Maskapai penerbangan Garuda Indonesia harus fokus menggarap pasar penerbangan domestik untuk memperbaiki performa bisnis.

Mulai Desember Biaya Transfer 22 Bank Ini Turun Jadi Rp2.500

BI-FAST juga bisa menjadi salah satu cara untuk menciptakan sistem pembayaran yang cepat, murah, mudah, aman dan andal atau Cemumuah.

Meriahkan Wedding Expo The Park 2021, Nava Berikan Casback Rp2 Juta

Jadi satu-satunya tempat yang sangat representatif untuk melaksanakan pernikahan dengan suasana outdoor, kali ini Nava Hotel mengusung tema pernikahan Jawa-Modern.

Keseruan Nasmoco Avanzanation, dari Nonton Bareng hingga Hadiah Mobil

Nasmoco Group secara khusus menggelar event Avanzanation bagi pelanggan dan pengguna Avanza di wilayah Solo dan sekitarnya pada Minggu (24/10/2021).

Keuangan Juga Butuh Pengelolaan, Ini Cara Termudahnya

Dalam pengelolaan keuangan terkadang terjadi human error objek sehingga perlu suatu aplikasi pengatur keuangan yang meminimalisasi kesalahan.

Awal Pekan, Harga Emas Pegadaian Senin 25 Oktober 2021 Stagnan

Harga emas 24 karat yang dijual di Pegadaian pada Senin (25/10/2021) tidak berubah dari hari sebelumnya, baik untuk cetakan Antam maupun UBS.

Selamatkan Garuda, Kementerian BUMN Negosiasi dengan Lessor

Kementerian BUMN saat ini sedang memperjuangkan proses negosiasi dengan para pemberi sewa pesawat atau lessor dan pemilik piutang.

Penumpang Pesawat Wajib PCR, Pekerja Bandara Ikut Protes

Serikat Karyawan Angkasa Pura (Sekarpura) II melayangkan surat tertulis kepada Presiden Joko Widodo atas kebijakan aturan perjalanan terbaru yang mewajibkan penumpang pesawat tes PCR.

Penumpang Melonjak, Stasiun Madiun Perpanjang Layanan Swab Antigen

Sejak tren kasus positif Covid-19 menurun, terjadi lonjakan jumlah penumpang kereta api di Madiun.

EMI Bergabung, PLN Targetkan Dekarbonisasi 117 Juta Ton CO2 hingga 2025

Usai bergabung dengan PLN, pendapatan EMI ditargetkan mencapai lebih dari Rp8 triliun pada 2025.

Tingkat Kepuasan Tamu Best Western Premier Solo Baru Terbaik di Asia

Best Western Premier Solo Baru menerapkan prokes ketat, vaksinasi lengkap seluruh karyawan, serta adanya aplikasi PeduliLindungi yang sekarang menjadi syarat wajib untuk memasuki hotel.

Ekspedisi Energi 2021 Berikan 9 Rekomendasi Ini untuk Pemerintah

Bila berbicara ekonomi, dua hal utamanya yaitu pangan dan energi dan ekspedisi dilakukan untuk memotret peta energi di Jateng.

Kemenkeu Beri Keringanan Utang 1.292 Debitur Kecil Senilai Rp20,48 M

Kemenkeu memberikan keringanan utang kepada 1.292 debitur kecil senilai Rp20,48 miliar dengan nilai outstanding sebesar Rp80,42 miliar per 15 Oktober 2021.

Inilah Capaian Pemerintah dalam Upaya Pemulihan Ekonomi Saat Pandemi

Terkait program pemulihan ekonomi nasional, Airlangga menjabarkan per 15 Oktober 2021 anggaran PEN telah terealisasi sebesar Rp428,21 triliun atau 57,5 persen dari pagu Rp744,77 triliun.