SOLOPOS.COM - Foto: Espos/Indah Septiyaning W

Foto: Espos/Indah Septiyaning W

KARANGANYAR —Tingkat kepatuhan wajib pajak (WP) orang pribadi menyerahkan surat pemberitahuan (SPT) tahunan masih minim.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Karanganyar, Haryoto seusai acara pekan panutan penyampaian SPT, Selasa (20/3/2012) mengatakan tingkat kepatuhan mengembalikan SPT tahunan WP pada tahun 2011 hanya 70 persen. Sementara hingga Maret ini, dia menambahkan pengembalian SPT tahunan masih di bawah 20% lantaran tingkat kesadaran masyarakat yang masih rendah. “Kami menerjunkan puluhan petugas yang akan jemput bola,” tuturnya.

Dia menuturkan secara umum penerimaan pajak KPP Pratama Karanganyar tahun 2011 melampaui dari yang ditargetkan senilai Rp 527 miliar.  “Tahun lalu peneriman pajak over sekitar Rp10 miliar dari target,” ujarnya.

Sementara itu, dia menambahkan tahun ini KPP Pratama Karanganyar pencapaian pajak ditargetkan meningkat menjadi Rp702 miliar atau naik 30% dari target 2011. Peningkatan target akan dipenuhi dengan optimalisasi wajib pajak (WP) orang pribadi.

“Pencapaian target akan diupayakan dengan optimalisasi WP orang pribadi berupa sektor PPh (Pajak Penghasilan-red) dan PPN (Pajak Pertambahan Nilai-red),” katanya.

Dia mengatakan selama ini sumbangan WP orang pribadi hanya sekitar 10 persen. Penyumbang terbesar masih didominasi badan atau pabrik. Selain mengoptimalisasi WP orang pribadi, dia menambahkan akan menggenjot peningkatan sumbangan pajak bumi dan bangunan (PBB). Dia menuturkan sumbangan pencapaian pajak juga diberikan dari sektor PBB. Setoran PBB tahun 2011 melampaui target. Dari target Rp 16 miliar, tercapai Rp 17,5 miliar.

“Artinya, kepatuhan masyarakat membayar PBB juga semakin bagus. Makanya kami optimistis peningkatan target pencapaian pajak juga akan terpenuhi,” tegasnya.

Dalam kesempatan itu, anggota Muspida dan pejabat Karanganyar datang ke KPP
Pratama untuk menyerahkan SPT tahunan. Sejumlah pejabat seperti Bupati Rina Iriani, Kapolres AKBP Nazirwan Adji Wibowo, Kepala Kejaksaan Negeri Purwani Utami terlihat hadir dalam acara tersebut.

Mereka ingin memberikan contoh sekaligus meningkatkan kesadaran pentingnya pengembalian SPT tahunan. Bupati Rina Iriani mengatakan, kepatuhan membayar pajak sangat penting dilakukan untuk pembangunan. Dari pajak yang disetor itulah nantinya berbagai pembangunan sarana prasarana di Karanganyar bisa dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya