SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara pemilu (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, BANTUL—Pemilu ulang di dua TPS di Bantul akibat surat suara pemilih tertukar dan terlanjur dicoblos pada Pemilu 9 April di Desa Sriharjo dan Desa Wukirsari, Imogiri, akhirnya digelar Minggu (13/4/2014).

Pemilu ulang justru mendongkrak minat warga datang ke TPS.
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bantul, Mohamad Johan Komara, Minggu, mengatakan, di TPS 05 Desa Sriharjo, Imogiri, tingkat kehadiran mencapai 256 pemilih dari sebelumnya 261 orang. Adapun di TPS 34 Desa Wukirsari, Imogiri, tingkat kehadiran lebih tinggi dibanding dengan sebelumnya dari 225 menjadi 241 orang.

Promosi Riwayat Banjir di Semarang Sejak Zaman Belanda

“Dari DPT 387 dan pemilih ber-KTP 11 hadir 241 orang. Pada pemilihan sebelumnya, yang hadir hanya 225 pemilih,” kata Anggota KPPS 34 Wukirsari Rudi Harsono.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam pemilu ulang di TPS 34 Jatirejo, Desa Wukirsari suara dimenangkan Partai Gerindra. Adapun di TPS 5 Desa Sriharjo, suara Partai nomor urut 4 PDI Perjuangan (PDIP) unggul.

Rinciannya, di TPS 34 Wukirsari, Gerindra mendapatkan 179 suara 149 suara diraup caleg nomor urut 4. PDIP harus legowo mendapatkan 55 suara, 38 di antaranya diraih caleg nomor urut 3 bernama Suratman.

Di TPS yang menempati rumah kadus ini, PKB meraih 1 suara, Golkar 3 suara dan PPP hanya 2 suara. “Yang tidak sah ada dua surat suara,” tambah Rudi.

Kekalahan PDIP di TPS Wukirsari terbalas di TPS 5 Sriharjo. Naiknya jumlah kehadiran 256 pemilih mengalir ke PDIP sebanyak 125 suara. Suara ini terbagi untuk empat caleg Endang 39 suara, Hanung 26, Suratman 57 dan Samsudin 3. Adapun suara parpol memperoleh 14 suara dan disusul suara PAN 72 suara, 67 di antaranya milik caleg Soratun.

Pantauan Harian Jogja di TPS 34 Wukirsari pelaksanaan pemilu ulang berjalan lancar. Pemilu susulan dihadiri langsung Moh Johan Kumara dan jajaran panitia pengawas (Panwas) tingkat provinsi hingga desa.

Pemilu ulang mendapat penjagaan ketat aparat Kepolisian Bantul dipimpin Kasat Intelkam AKP Supardi itu Partai Gerindra unggul mengalahkan PDIP, Golkar dan partai lain.

Moh Johan Kumara menambahkan, pemilu ulang dua TPS di Bantul menindaklanjuti tertukarnya surat suara untuk kabupaten dengan dapil Kabupaten Sleman. Pemilu ulang diambilkan dari 1.000 surat cadangan pemilu ulang yang memang sudah tersedia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya