SOLOPOS.COM - Ilustrasi (hindustantimes.com)

Ilustrasi (hindustantimes.com)

“Bond, James Bond,” kata Bond setiap kali berkenalkan diri yang kemudian menjadi ciri khasnya. Seorang agen rahasia Inggris yang flamboyan berkode 007. Ganteng, seksi, kuat, penuh strategi dan bertabur gadis cantik, itulah karakternya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejak diperkenalkan pertama kali pada tahun 1962, seri James Bond yang diangkat dari novel fiksi karya Ian Fleming sudah mencuri perhatian dunia. Film pertama yang berjudul Dr No adalah pondasi dasar film yang mengangkat kisah tentang mata-mata asal Inggris itu.

Ekspedisi Mudik 2024

Sudah hampir setengah abad sejak film pertama dibuat, kini Skyfall bersama Daniel Craig-nya adalah seri ke-23 yang digadang-gadang akan menjadi film James Bond terbaik sejak era Dr. No yang saat itu diperankan oleh Sean Connery sebagai agen 007. Skyfall menandai 50 tahun perjalanan franchise spionase legendaris ini. Banyak dugaan awal film James Bond akan menyuguhkan atraksi beladiri yang menggunakan teknologi-teknologi canggih terbaru. Ternyata tidak.

Cerita Skyfall dibuka dengan kejar-kejaran James Bond (Daniel Craig) dengan seorang teroris yang berhasil mencuri data nama-nama agen rahasia Inggris yang menyamar di seluruh dunia. Namun sayang Bond gagal setelah tertembak di atas kereta api oleh Eve (Naomie Harris) yang tidak lain adalah rekan Bond sendiri. Tanpa diduga Bond kembali dari kematian dan aksi berlanjut untuk membantu M (Judi Dench) yang mendapat teror dari musuh lamanya. Gedung utama MI6 dihancurkan oleh bom yang memaksa seluruh departemen di bawah komando M berpindah markas.

Markas yang dipilih tak tanggung-tanggung yaitu bungker bawah tanah. M bahkan menyebutnya sebagai bungker pada beberapa abad yang lalu dan baru ditemukan. Kesan “oldies” mulai terlihat pada setting ruangan markas baru itu. Belakangan diketahui, Silva (Javier Bardem) adalah dalang dari seluruh teror yang mengguncang London. Perjuangan Bond untuk menyelamatkan M dan Inggris ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Bond harus kembali ke tempat dirinya berasal untuk melawan musuh yang terus menteror.

Tempat Bond berasal itu bernama Skyfall. Sebuah wilayah di Scotlandia dengan hamparan lembah di kaki gunung yang indah. Di tengah lembah itu ada sebuah rumah tua, sebuah panti asuhan dimana Bond kecil tumbuh. Di rumah itulah Bond bertarung dengan Silva. Silva yang pada awalnya terlihat lucu dan konyol ini ternyata penuh strategi. Di rumah tua itu Bond hanya memiliki sepucuk senjata. Di sinilah Bond diharuskan meninggalkan teknologi canggih dan menggunakan senjata-senjata tua.

Skyfall memang berbeda dari beberapa film Bond sebelumnya. Termasuk dua seri terakhir yang juga dibintangi oleh Daniel Craig. Di bawah tangan dingin Sam Mendez, Skyfall menjadi lebih menarik dan manusiawi. Sosok agen 007 yang diperankan Craig benar-benar sebuah sosok baru, sosok yang rapuh dan rentan, namun tetap kuat disaat kritis.

Beberapa hal menarik lainnya dari Skyfall adalah sosok Q yang kembali hadir di seri ini. Namun berbeda dengan sosok Q yang sudah ada selama ini, Sam Mendez membuat gebrakan dengan menghadirkan aktor muda Ben Whishaw sebagai Q. Selain itu nostalgia pecinta Bond pun akan terpuaskan saat sang agen kembali menggunakan mobil Aston Martin DB5 yang pernah digunakan Sean Connery di seri Goldfinger (1964) dan Thunderball (1965).

Lagu utama film ini dibawakan oleh Adele berjudul Skyfall. Adele berhasil menggarap lagu Skyfall dengan apik. Kesan gelap dan muram dari film ini dapat tersampaikan oleh lagu garapannya itu. Pantas saja lagu Adele ini berhasil menembus ke posisi pertama tangga lagu Inggris.

Semua unsur inilah yang membuat Skyfall mendapat review positif dari para kritikus film didunia. Selain aksi-aksi yang sudah pasti menegangkan, seperti kejar-kejaran Bond dan teroris di Istanbul, Turki. Drama akhir Skyfall dipastikan akan membawa era baru bagi film James Bond berikutnya.

Lagu Tema Skyfall dari Adele:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya