Tinggalkan Negara, Warga Rusia Hindari Perintah Putin Bertempur di Ukraina

Antrean bermunculan di sepanjang perbatasan Rusia ketika orang-orang berusaha meninggalkan negara itu untuk menghindari panggilan wajib militer untuk berperang ke Ukraina. Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi militer parsial pada hari Rabu, yang dapat membuat 300.000 orang dipanggil untuk bertugas dalam peperangan.

 Tank-tank Ukraina masuk ke kota,setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina timur, di Mariupol, Ukraina, Kamis (24/2/2022). (Reuters-Carlos Barria)

SOLOPOS.COM - Tank-tank Ukraina masuk ke kota,setelah Presiden Rusia Vladimir Putin mengizinkan operasi militer di Ukraina timur, di Mariupol, Ukraina, Kamis (24/2/2022). (Reuters-Carlos Barria)

Solopos.com, JAKARTA–Antrean bermunculan di sepanjang perbatasan Rusia ketika orang-orang berusaha meninggalkan negara itu untuk menghindari panggilan wajib militer untuk berperang ke Ukraina. Presiden Vladimir Putin mengumumkan mobilisasi militer parsial pada hari Rabu, yang dapat membuat 300.000 orang dipanggil untuk bertugas dalam peperangan.

Namun demikian Kremlin menyatakan ada laporan tentang pria usia pertempuran yang melarikan diri dibesar-besarkan. Di perbatasan dengan Georgia, antrean kendaraan sepanjang bermil-mil juga telah terjadi termasuk orang-orang yang mencoba melarikan diri dari perang seperti dikutip BBC.com, Jumat (23/9/2022).

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Seorang pria, yang tidak mau disebutkan namanya, mengatakan kepada wartawan BBC Rayhan Demytrie bahwa dia telah mengambil paspornya dan menuju ke perbatasan. Dia mengaku tak sempat mengemasi apa pun segera setelah pengumuman Presiden Putin.

Baca Juga Putin Bertekad Gunakan Semua di Perang Rusia Vs Ukraina

Dia  beralasan karena dia  termasuk dalam kelompok yang berpotensi dikirim ke pertempuran. Beberapa saksi memperkirakan antrean mobil di pos pemeriksaan sekitar 5 km (3 mil), sementara kelompok lain mengatakan butuh tujuh jam untuk melintasi perbatasan.

Sedangkan video dari tempat kejadian menunjukkan beberapa pengemudi meninggalkan mobil atau truk mereka untuk sementara dalam kemacetan lalu lintas. Georgia adalah salah satu dari sedikit negara tetangga yang dapat dimasuki Rusia tanpa perlu mengajukan visa. Finlandia, yang berbagi perbatasan 1.300km (800 mil) dengan Rusia, juga melaporkan peningkatan lalu lintas dalam semalam meskipun masih pada tingkat yang dapat dikelola.

Sedangkan harga tiket pesawat terbang tujuan lain yang dapat dicapai melalui udara seperti Istanbul, Beograd atau Dubai  meroket segera setelah panggilan militer diumumkan. Media Turki melaporkan lonjakan besar dalam penjualan tiket sekali jalan, sementara penerbangan yang tersisa ke tujuan non-visa dapat menelan biaya ribuan euro.

Baca Juga Rusia-Ukraina Saling Tukar 200 Tawanan Perang

Menteri Dalam Negeri Jerman, Nancy Faeser memberi isyarat pada hari Kamis bahwa orang Rusia yang melarikan diri dari wajib militer akan diterima di negaranya. Faeser mengatakan pembelot yang terancam oleh “penindasan berat” akan menerima perlindungan berdasarkan kasus per kasus, setelah pemeriksaan keamanan.

Sementara itu, Lituania, Latvia, Estonia, dan Republik Ceko memiliki nada yang berbeda dengan menyatakan bahwa mereka tidak akan menawarkan perlindungan bagi orang Rusia yang melarikan diri.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Warga Rusia Tinggalkan Negaranya Tolak Perintah Putin Bertempur di Ukraina

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Saksi Kunci Kasus Ferdy Sambo, AKBP Arif Rahman Arifin Sakit

      Menurut Hotman Paris, kasus Ferdy Sambo adalah kasus impian bagi pengacara yang ingin terkenal.

      Pengirim Paket Meledak di Aspol Sukoharjo Berstatus Saksi

      Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Pol Ibrahim Tompo mengatakan pria yang berinisial S itu sempat diamankan beberapa saat setelah ada ledakan di Aspol tersebut.

      Pengacara Gubernur Lukas Enembe: Pak Presiden, Klien Kami Benar-Benar Sakit

      Lukas Enembe menderita sejumlah riwayat penyakit sehingga harus menjalani pengobatan di Singapura, termasuk empat kali serangan stroke.

      Pengacara: Gubernur Papua Lukas Enembe Susah Berbicara

      Menurut Roy Rening, sakit Gubernur Papua Lukas Enembe serius sehingga susah berbicara.

      Ledakan di Asrama Brimob Sukoharjo, Polisi: Paket Dikirim Maret 2021

      Pria Indramayu berinisial S, pengirim paket yang meledak di asrama Brimob Sukoharjo, Jawa Tengah pada Minggu (25/9/2022) petang itu mengirimkan paket ke Jawa Tengah pada Maret 2021.

      Presiden Jokowi Minta Gubernur Papua Lukas Enembe Penuhi Panggilan KPK

      Presiden Jokowi meminta Gubernur Lukas Enembe untuk patuh memenuhi panggilan penegak hukum KPK.

      Lukas Enembe Mangkir Panggilan KPK, Kuasa Hukum: Sakit, Tidak Melawan Negara

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022), karena sakit.

      Gubernur Papua Lukas Enembe Kembali Mangkir Panggilan KPK

      Gubernur Papua, Lukas Enembe, kembali mangkir dari panggilan kedua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (26/9/2022) karena sakit.

      Ketua MUI: Pernikahan Beda Agama Tidak Sah dan Haram

      MUI Pusat menyatakan bahwa ulama dan organisasi Islam di Indonesia sepakat bahwa pernikahan beda agama dalam Islam adalah tidak sah dan haram.

      Menilik Kualitas Hidup Warga Finlandia yang Disebut Paling Berbahagia di Dunia

      Finlandia dinobatkan sebagai negara dengan kualitas hidup terbaik. Negara Seribu Danau ini diberi skor 99,06 dari 100 dan dianggap memiliki kualitas hidup tertinggi secara global.

      BMKG Catat 345 Kali Gempa Bumi di Bengkulu Mulai dari M 6,5 sampai M 2,0

      Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Provinsi Bengkulu mencatat 345 kali gempa bumi di wilayah Bengkulu selama periode Januari hingga September 2022.

      Langkah Awal Kolaborasi, UNS Teken Kerja Sama dengan Universitas Pakuan

      Setelah ini akan ada kerja sama-kerja sama yang dijalin oleh prodi di UNS dengan prodi-prodi yang ada Universitas Pakuan.

      Bantuan untuk Korban Bencana di Pakistan Masih Dibuka hingga 3 Oktober

      Pemerintah masih menerima bantuan dari organisasi masyarakat untuk warga Pakistan terdampak bencana alam hingga pekan depan, tepatnya 3 Oktober 2022.

      Kemenag: Pembimbing Ibadah Haji Harus Besertifikat

      UU No. 8/2019 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah memberi mandat Kementerian Agama untuk membina, salah satu upaya yang dilakukan adalah sertifikasi petugas dan pembimbing ibadah haji.

      Curahan Hati Dedi Mulyadi Jelang Sidang Cerai: Demi Kamu, Aku akan Bertahan

      Anggota DPR RI, Dedi Mulyadi, menyampaikan pesan menyayat hati menjelang sidang gugatan perceraian dengan istrinya, Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika.

      Jokowi Soroti Kasus Hakim Agung Sudrajad

      Presiden Joko Widodo (Jokowi) angkat bicara mengenai Hakim Agung Sudrajad Dimyadi yang menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).