SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

MADRID-Pers Spanyol memberikan ucapan selamat jalan yang kasar kepada sosok yang menjuluki dirinya sendiri sebagai “Si Istimewa” Jose Mourinho, mencemooh tiga tahun rezimnya di Real Madrid dan kegagalannya memenangi lebih banyak trofi.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Akhir Istimewa” demikian judul yang tercantum pada halaman depan surat kabar olahraga terlaris Marca, di atas gambar kaus sepak bola yang diangkat oleh Mourinho dan presiden klub Florentino Perez.

“Lebih banyak keributan untuk hal yang sia-sia,” tulis judul harian olahraga saingan AS, yang menggaris bawahi jumlah uang yang dikeluarkan Real sepanjang periode kepelatihan Mourinho. “50 juta euro untuk kontrak-kontrak dan 162 juta euro lagi untuk pembelian sejumlah pemain,” tulisnya.

“Mourinho meninggalkan kita dengan beberapa gelar dan banyak kerepotan,” kata AS.

Mourinho akan pergi pada akhir musim, demikian diumumkan klub pada Senin, dan ia telah dikait-kaitkan dengan kepulangan ke Chelsea, tim yang ia asuh pada 2004 sampai 2007.

Ia mengalami musim terakhir yang buruk yang dipuncaki kekalahan dari Atletico Madrid di Piala Raja pada Jumat, yang memastikan Real mengakhiri musim tanpa raihan trofi utama.

“Terima kasih, Mou, karena telah membuat kami menjadi lebih buruk,” kata Orfeo Suarez, komentator olahraga dari harian konservatif El Mundo.

Suarez menuliskan daftar dosa Mourinho seperti membangku cadangkan Iker Casillas selama setengah musim; mencoreng kehormatan klub; mempertanyakan suara-suara pada pemilihan pelatih terbaik versi FIFA yang dimenangi pelatih timnas Spanyol Vicente del Bosque; dan memecah belah para pendukung klub.

“Terima kasih untuk Mou, Mou yang lebih buruk juga, tua dan terburu-buru, takluk dan akan kembali ke klub milik orang kaya namun jauh dari impian seperti Old Trafford,” menyinggung spekulasi bahwa Mourinho berharap dapat menjadi pelatih Manchester United setelah Alex Ferguson pensiun.

Harian olahraga berbasis di Barcelona Mundo Deportivo mengatakan bahwa Mourinho telah dipuji sebagai sosok “anti kristus” terhadap pelatih Barcelona Pep Guardiola dan merupakan “obat penawar” bagi dominasi tim Katalan.

“Ia meninggalkan Bernabeu dengan kegagalan, jauh dari menyamai keseimbangan kecuali pada beberapa pertandingan satu-lawan-satu.” Halaman depan harian Katalan lainnya Sport memasang foto Mourinho dari belakang ketika ia terlihat berjalan menuju pintu bertuliskan “Keluar.”

Harian itu mengutip pernyataan Carles Vallarubi, wakil presiden Barcelona yang berkata, “Mou merupakan luka bagi sepak bola Spanyol.” Meski terdapat rumor-rumor yang menghubungkan pelatih Paris Saint Germain Carlo Ancelotti dengan pekerjaan pelatih di Real Madrid, Perez mengatakan pihaknya belum mencapai kesepakatan dengan pelatih manapun untuk menggantikan Mourinho.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya