SOLOPOS.COM - Kraton Pakualaman (kerajaannusantara.com)

Harianjogja.com, JOGJA – KGPAA Paku Alam IX akan memberikan gelar kebangsawanan bertepatan dengan ulang tahun ke-78, Kamis (8/1), hari ini. Salah satu penerima gelar itu adalah Menteri Perdagangan, Gita Wiryawan.

Menurut rencana, perayaan tingalan dalem (ulang tahun) dilaksanakan pagi ini, mulai pukul 09.00 WIB di Bangsal Sewotomo, Pura Pakualaman.
KPH Kusumo Parastho, selaku wakil Pakualaman untuk urusan Pambudidoyo (pemberdayaan masyarakat) mengatakan, total ada 84 orang yang mendapatkan gelar di hari perayaan ulang tahun KGPAA Paku Alam IX.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Itu semuanya, baik yang baru mendapatkan gelar, atau abdi dalem yang mendapatkan kenaikan pangkat,” katanya ketika ditemui di Pura Pakualaman, Rabu (7/1/2014).

Dia menjelaskan, pemberian gelar ini bisa diberikan kepada siapa pun juga, baik itu kerabat dalem, para abdi dalem atau orang di luar lingkup Pakualaman. Hanya, untuk mendapatkannya harus melalui beberapa kriteria, salah satunya memberikan sumbangan nyata bagi perkembangan Pura Pakualaman, baik itu dari sisi pemikiran ataupun materi.

“Mereka yang akan menerima gelar harus lulus kriteria itu dan tidak sembarangan orang bisa memperolehnya,” tegasnya.

Lebih jauh ia menjelaskan, pemberian gelar bisa melalui usulan dari sejumlah kerabat Kadipatenan yang berada di luar wilayah seperti kerabat Surabaya, Semarang, Bandung dan Jakarta. Mereka bisa mengusulkan seseorang mendapatkan gelar dari Pakualaman. Hanya, lanjut dia, usulan mereka akan disaring lagi oleh tim khusus, kemudian baru diserahkan ke KGPAA Paku Alam IX.

“Tetap yang berhak menentukan siapa yang mendapatkan gelar adalah Kanjeng Gusti, tim kan hanya sebatas membantu dalam proses penyeleksian tapi keputusan tetap pada beliau,” akunya.

Sayang, ketika disinggung tentang gelar apa yang akan diberikan kepada Gita Wiryawan, yang juga peserta konvensi calon presiden dari Demokrat, ia enggan berkomentar lebih jauh dan hanya memberikan senyum simpul. “Saya belum bisa menjawabnya sekarang. Kalau mau pastinya, tunggu besok [hari ini] saat pemberian gelar berlangsung,” katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya