Tutup Iklan

Timses: Jika Menang Pilpres, Prabowo Terbebani Utang Era Jokowi

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, JAKARTA — Kubu calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Salahuddin Uno mengaku pasangan nomor urut 02 itu memiliki beban sangat berat jika memenangi Pilpres 2019. Beban itu, katanya, karena utang yang dilakukan pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK).

Mantan Menteri Keuangan yang kini menjadi Direktur Konsolidasi BPN Prabowo-Sandi, Fuad Bawazier, mengungkapkan di awal pemerintahan Jokowi, saldo utang pemerintah tercatat Rp2.608 triliun. Berikutnya memasuki tahun ke-4, saldo utang pemerintah melonjak menjadi Rp4.418 triliun.

“Yang lebih memprihatinkan kita adalah penggunaan utang tersebut tidak tepat sasaran. Tidak jelas penggunaannya untuk apa, berapa untuk bayar bunga, untuk dipakai subsidi tidak ada rinciannya, semuanya tidak transparan. Pemerintahan Jokowi tidak transparan dalam soal pengelolaan utang tersebut,” kata Fuad Bawazier, dalam Diskusi Rabu Biru bertemaka Kemelut Hutang di Negeri Gemah Ripah Loh Jinawi di Media Center Prabowo-Sandi, Rabu (30/01/2019).

Turut tampil sebagai pembicara dalam diskusi ini yakni Ramson Siagian (anggota DPR) dan Kusfiardi (mantan Koordinator Koalisi Anti Utang). Fuad menuding utang yang menumpuk tersebut tidak memberikan efek positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Alasannya, pertumbuhan ekonomi stagnan dalam 4 tahun terakhir di kisaran 5%. Kesejahteraan rakyat, katanya, juga tidak meningkat.

“Itu terjadi karena penggunaan utang yang tidak efektif. Utang tidak digelontorkan ke proyek-proyek pembangunan, digunakan untuk mendanai pengeluaran yang sifatnya rutin dan tidak layak didanai oleh pinjaman. Situasinya sudah sangat memprihatinkan,” katanya.

Untuk mengatasi situasi itu, Fuad menjanjikan Prabowo-Sandi akan melakukan 2 hal jika memenangi Pilpres 2019, yakni reformasi APBN dan membenahi total sektor penerimaan negara.

Fuad meyakini reformasi APBN akan sangat membantu pemerintah dalam mengatasi defisit APBN sehingga pemerintah bisa menekan utang atau setidaknya tidak ada utang baru. Reformasi APBN, bisa dimulai dari menyisir habis pos-pos pembiayaan yang tidak perlu dan selama ini membebani keuangan negara.

Selain itu, Fuad menjanjikan Prabowo-Sandi mengatasi kebocoran-kebocoran keuangan akibat praktek korupsi dan mark up anggaran. Sedangkan untuk penerimaan, Prabowo-Sandi harus dapat menciptakan sistem baru penerimaan yang business friendly. “Pemerintah dapat memulai dari diri sendiri, pejabat-pejabatnya memberikan keteladanan dengan hidup sederhana,” katanya.

Sementara, Ramson Siagian mengatakan klaim pemerintahan Jokowi yang menggunakan utang untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur patut dipertanyakan. Pasalnya, sejumlah proyek pembangunan infrastruktur seperti proyek pembangkit listrik 35.000 MW tidak berjalan sesuai target.

“Hanya sekitar 5% yang beroperasi mendistribusikan listrik, sekitar 95% belum rampung,” ujarnya.

Ramson yang juru debat Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi menegaskan idealnya utang yang dilakukan pemerintah bisa menggenjot penerimaan negara untuk mencicil utang. “Yang terjadi saat ini tidak seperti itu. Malahan buat utang baru untuk menutupi utang. Istilahnya gali lubang tutup lubang,” ujarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

FPKS DPRD Solo: Larang Konsumsi Daging Anjing Tak Harus Buat Perda

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka didorong segera mengeluarkan regulasi untuk larang perdagangan dan konsumsi daging anjing, bentuknya tak harus perda.

Sejarah Hari Ini: 30 November 2004, Lion Air JT 538 Tergelincir di Solo

Beragam peristiwa terjadi di dunia pada 30 November salah satunya tragedi tergelincirnya pesawat Lion Air di dekat Bandara Solo

Terlalu! Gubernur Sulsel Rela Korupsi Demi Belikan Jetski untuk Anak

Selain hukuman badan, majelis hakim juga mewajibkan Nurdin Abdullah membayar uang pengganti sebesar Rp2,187 miliar dan 350 ribu dolar Singapura subsider 3 tahun penjara.

Suami Istri di Pontianak Kompak Jual Sabu dan Ekstasi

Keduanya kami amankan berdasarkan informasi dari masyarakat ada pasangan suami istri diduga sedang membawa narkotika.

Kebiasaan Tidur yang Buruk Bikin Orang Merasa Tua, Ini Penjelasannya

Tim peneliti melaporkan ada hubungan penting antara kebiasaan tidur yang buruk dan merasa lebih tua secara umum.

Kecelakaan Karambol di Salatiga, Truk Tabrak 5 Mobil, 1 Meninggal

Kecelakaan karambol yang melibatkan truk dan lima kendaraan lain terjadi di Jalan Lingkar Selatan atau JLS Salatiga, Senin (29/11/2021) malam.

Gegara Kalah Pilkades, Calon Kades Petahana di Jember Blokade Jalan

Gegara kalah dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) Plerean, Kecamatan Sumberjambe, Jember, calon kepala desa petahana memblokade beberapa jalan.

Ini Dia Tukang Cukur Terkaya Pemilik 400 Mobil

Setelah menyelesaikan pendidikan menengah, Ramesh Babu memutuskan mulai menjalankan pangkas rambut yang ditinggalkan mendiang ayahnya.

Bacakan Pembelaan, Nani Terdakwa Satai Beracun Sisipkan Pesan Ini

Terdakwa kasus satai beracun, Nani Apriliani Nurjaman, 25, menyampaikan sejumlah permohonan kepada majelis hakim PN Bantul saat membacakan pembelaan, Senin (29/11/2021).

Marak Penipu Bermodus Beli Kendaraan, Ini Tips dari Kapolres Sukoharjo

Kapolres Sukoharjo membagikan sejumlah tips agar terhindar dari aksi penipu yang berpura-pura hendak membeli kendaraan namun kemudian dibawa kabur sebelum dibayar.

Kembali Tampil di Konser Offline, Ini yang Dirasakan BTS

Kini BTS akhirnya harus kembali tampil offline dengan tampil di SoFi Stadium, Los Angeles, dalam konser pertama mereka sejak 2019.

Banjir Bandang Landa Wonosoco Kudus, 62 Rumah Warga Terdampak

Banjir bandang kembali melanda Desa Wonosoco, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mengakibatkan 62 rumah dan satu tempat wisata terdampak.

Debut Gagal Jacksen F. Tiago di Persis Solo

PSCS Cilacap membuka peluang lolos melaju ke babak delapan besar jika PSIM Jogja kalah melawan Persijap Jepara pada Selasa (30/11/2021) malam.

Ada Kaitan Varian Omicron dengan Pengidap HIV, Ini Penjelasannya

Begini kaitan antara kemunculan varian Omicron dengan pengidap HIV di Afrika.

Dipindah ke Bogor, Reuni 212 Doakan Almarhum Putra Arifin Ilham

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan dalam memberikan izin Polri harus meminta rekomendasi dari berbagai pihak.

Waduh! 14 Remaja di Maluku Utara Kedapatan Mabuk Lem

BNNP Maluku Utara bekerja sama dengan Satpol PP Kota Ternate mengamankan 14 remaja yang kedapatan sedang mabuk lem.