SOLOPOS.COM - Diego Michiels (kiri) dan Andritany Ardhiyasa berlatih dengan pola permainan berbeda.

Harian Jogja.com, SLEMAN—Pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan (RD), menyiapkan beberapa alternatif formasi untuk turun ke SEA Games 2013 di Myanmar Desember 2013 mendatang.

Pada latihan di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sleman, Jumat (11/10/2013) sore, RD membagi dua kelompok yang memainkan skema berbeda. Kelompok pertama mendapatkan tugas untuk bermain dengan formasi 4-3-3 dan kelompok lainnya menggunakan formasi 4-3-2-1.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami menggunakan formasi yang berbeda, tetapi semua pemain mendapatkan kesempatan dan waktu yang sama,” kata RD.

Menurut dia, pola latihan itu dilakukan untuk memperkaya variasi permainan. “Paling penting saat ini adalah pemain mengerti dan memahami banyak skema permainan, karena lawan kami sangat memungkinkan menggunakan skema yang berbeda-beda. Kami harus siap” imbuhnya.

Dalam waktu dua pekan, beberapa simulasi yang dicoba para pemainnya akan dievaluasi. Materi dan komposisi pemain yang dibawa ke SEA Games akan diseuikan dengan hasil evaluasi.

RD juga meminta sejumlah klub untuk mempercepat pemberian izin para pemainnya bergabung dalam pemusatan latihan di UNY. Tiga nama saat ini belum bergabung karena memperkuat klub adalah Rasyid Bakri (PSM Makassar), Agung Supriyanto (Persijap Jepara) dan Gzohali Muharam Siregar (Pro Duta). Klub mereka tengah bersiap menghadapi play off Indonesia Premier League (IPL) yang akan dimulai 16 Oktober dan berakhir 29 Oktober 2013.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya