SOLOPOS.COM - Andik Vermansyah berlatih menendang bola mati, Selasa (30/10/2013). (JIBI/Harian Jogja/Arief Junianto)

Harianjogja.com, SLEMANTendangan bebas bisa menjadi salah satu solusi atas kebuntuan mencetak gol. Begitu juga yang ada di benak pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan. Untuk memaksimalkan peluang itu, ia mempersiapkan anak asuhnya untuk menjadi eksekutor bola-bola mati.

Dalam latihan yang digelar di Stadion UNY, Selasa (29/10/2013) sore, terlihat Rahmad Darmawan tengah menyiapkan setidaknya enam pemain untuk menjadi eksekutor bola mati tersebut, Keenam pemain itu adalah Andik Vermansyah, Ferrinando Pahabol, Egi
Melgiansyah, Sakir Sulaeman, Oktovianus Maniani, dan Ramdani Lestaluhu. Meski tak berani mengatakan garansi serta jaminan kualitas keenam pemain itu dalam mengeksekusi bola mati, Rahmad menaruh ekspektasi besar terhadap mereka.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dalam latihan eksekusi bola mati itu, pihaknya membagi dua sesi, yakni sesi tendangan dengan kaki kanan dan sesi kaki kiri.
Sesi kaki kanan seperti diproyeksikan untuk Andik Vermansyah, Sakir Sulaeman, dan Oktovianus Maniani. Sedangkan sesi kaki kiri sepertinya akan menjadi jatah dari Egi Melgiansyah, Ramdani Lestaluhu, dan Ferrinando Pahabol.

Sebagai latihan awal, ia menempatkan titik tendangan bebas tersebut dari jarak sekitar 20 meter dari gawang. Jarak itu memang cukup ideal untuk latihan bola-bola mati. Selain kecepatan bola bisa maksimal, kurva gerak bola pun bisa menjadi tolok ukur akurasi tendangan dari keenam pemain tersebut.

Meski tak menunjukkan hasil yang cukup maksimal, lantaran dari kurang lebih 10 menit latihan tersebut digelar untuk setiap sesinya, hanya beberapa kali saja tendangan mereka yang tepat sasaran. Sisanya masih banyak melenceng dari gawang.

Namun, hal ini tak begitu menjadi soal bagi Rahmad Darmawan. Ia mengakui akurasi tendangan bola mati itu adalah hal penting, namun visi, kejelian dan kepercayaan diri pemain juga tak kalah penting.”Ini yang saat ini coba kami persiapkan,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya