Kategori: Sepak Bola

Timnas U-19 Pilih 30 Pemain untuk TC di Kroasia, PSSI Jamin Tak Ada Intervensi


Solopos.com/Chrisna Chaniscara

Solopos.com, JAKARTA — Timnas U-19 memastikan 30 pemain yang akan dibawa dalam pemusatan latihan di Kroasia akhir Agustus mendatang.

PSSI menegaskan para pemain tersebut murni pilihan pelatih kepala, Shin Tae-yong. Hal itu menepis rumor campur tangan federasi dalam menentukan skuad tim untuk menghadapi Piala Asia U-19 2020, 14-31 Oktober 2020.

Dalam TC, Garuda Muda akan sekaligus menjalani laga uji coba melawan Kroasia, Bulgaria dan Arab Saudi dalam turnamen yang berlangsung 2-8 September 2020. Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, mendukung penuh Timnas U-19 yang akan menimba ilmu di Kroasia. Iriawan menjamin 30 pemain yang dibawa murni pilihan Shin Tae-yong.

Menjabat Ketua RT Saat Kasus Jagal Kartasura Terungkap 10 Tahun Lalu, Ini Kisah Mulyono

“Tidak ada campur tangan atau intervensi dari Exco PSSI atau pihak lain. PSSI selalu mendukung program pelatih untuk Timnas,” ujar Iriawan seperti dilansir pssi.org, Selasa (25/8/2020).

Iriawan mengatakan 30 pemain tersebut dipilih karena mengalami perkembangan dan grafik yang meningkat selama pemusatan latijan di Jakarta. Pihaknya berharap TC di Kroasia bisa dimanfaatkan pemain Timnas U-19 untuk terus membenahi kemampuan.

Berpengalaman

Dalam daftar pemain yang dibawa ke Kroasia, ada beberapa nama yang sudah berpengalaman membela Garuda Muda di level junior seperti Amiruddin Bagas Kaffa, Andre Oktaviansyah, David Maulana, Brylian Aldama, dan Beckham Putra. Pemain keturunan Indonesia seperti Elkan Baggot dan Jack Brown juga dipastikan terbang ke Kroasia.

“Pemain saat ini dalam kondisi bagus dan terus mengalami perkembangan yang positif setiap harinya. Saya yakin selama di Kroasia, fisik, teknik, dan permainan mereka akan makin meningkat," ujar Shin Tae-yong.

Police Line Rumah Korban Pembunuhan Baki Sukoharjo Dibuka Hari Ini

Kroasia dipilih karena memilik timnas yang berada di level atas dunia. Saat ini Kroasia menduduki peringkat enam FIFA. Selain itu, Timnas U-19 tidak harus menjalani karantina di negara kelahiran Luka Modric itu.

Suhu di Kroasia yang berkisar 19-23 derajat celcius juga hampir sama dengan suhu di lokasi Piala Asia U-19, Uzbekistan, yakni sekitar 19-25 derajat celcius. Di fase grup turnamen, Garuda Muda tergabung di Grup A bersama Kamboja, Iran, dan tuan rumah.

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi