Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia Berangkat ke Piala Dunia Amputasi 2022

Menpora melepas Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia berangkat ke Turki untuk melakoni Piala Dunia Amputasi 2022.  

 Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali berfoto bersama tim nasional sepak bola amputasi dalam acara pelepasan timnas ke Piala Dunia Amputasi 2022 di Auditorium Wisma Menpora, Jakarta, Selasa (27/9/2022). (ANTARA/Arindra Meodia)

SOLOPOS.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali berfoto bersama tim nasional sepak bola amputasi dalam acara pelepasan timnas ke Piala Dunia Amputasi 2022 di Auditorium Wisma Menpora, Jakarta, Selasa (27/9/2022). (ANTARA/Arindra Meodia)

Solopos.com, JAKARTA—Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia berangkat ke Turki untuk melakoni Piala Dunia Amputasi 2022.

Rombongan dilepas oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali. Menpora berharap Timnas Sepak Bola Amputasi Indonesia sukses dan kembali dengan gelar juara.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

“Saya mengucapkan bismillahirrahmanirrahim melepas secara resmi tim nasional sepak bola amputasi Indonesia yang akan bertanding di Kejuaraan Dunia di Turki. Semoga sukses dan kembali dengan juara sebagaimana yang kita inginkan,” kata Menpora Amali di Auditorium Wisma Menpora, Jakarta, Selasa (27/9/2022), seperti dilansir dari Antaranews.

Baca Juga: Takut Indonesia vs Curacao Sepi Penonton, Plt Bupati Bogor Borong Tiket

“Saya hanya ingin memesankan bahwa jalan panjang persiapan dari pelatnas bahkan sejak kualifikasi kalian sudah jalani dengan sebaik-baiknya, tiba lah saatnya kalian juga mampu berlaga di kejuaraan dunia di Turki yang kan datang.”

Menpora Amali mengingatkan para pemain mereka bukan lagi berangkat atas nama sendiri, klub ataupun Perkumpulan Sepakbola Amputasi Indonesia (PSAI), melainkan atas nama 277 juta rakyat Indonesia. Dia juga memberi semangat kepada timnas untuk menunjukkan kemampuan diri dan tidak gentar menghadapi lawan.

“Jangan menyerah berjuang sampai titik penghabisan dan kekuatan kalian. Lapangan adalah tempat kalian untuk menunjukkan kemampuan. Tidak ada batasan untuk berprestasi. Kalian sama dengan atlet-atlet lainnya, timnas sepak bola lainnya,” ujar Amali.

Baca Juga: Link Live Streaming FIFA Matchday Jilid 2 Indonesia vs Curacao

Menpora kembali menekankan bahwa “pemerintah menghargai, pemerintah mengapresiasi timnas sepak bola amputasi sama seperti pemerintah menghargai mengapresiasi timnas sepak bola lainnya.”

Tidak hanya itu, Menpora Amali juga mengingatkan agar seluruh tim menjaga kesehatan di saat sebelum dan sesudah bertanding.

“Karena di situlah rawannya kelemahan kita. Maka, saya minta kepada ofisial untuk benar-benar disiplin menjaga tim hanya di tempat menginap atau di hotel dan kemudian ke venue tempat bertanding, dan kembali lagi. Karena pandemi belum berakhir,” ujar Amali.

Baca Juga: Indonesia vs Curacao Jilid 2: Demi Perbaiki Peringkat FIFA

Ketua Umum Perkumpulan Sepak bola Amputasi Indonesia (PSAI) Yudi Yahya mengungkapkan bahwa timnya telah banyak mengalami perubahan selama tiga bulan melakukan pelatihan nasional.

“Mulai dari fisik sampai skema permainan, mental, serta motivasi pun jadi faktor yang paling banyak mengalami perubahan yang sangat signifikan. Tentunya tidak terlepas dari peran support Bapak Menteri yang sangat concern dan juga komitmen untuk all out kepada timnas sepakbola amputasi Indonesia,” kata Yudi.

Yudi berterima kasih atas dukungan Kemenpora terkait perangkat pelatihan, fasilitas lapangan, gym dan program pelatihan, yang menjadi faktor-faktor kesuksesan pelatnas.

Baca Juga: Latihan Timnas Indonesia Jelang Laga Leg 2 FIFA Matchday Lawan Timnas Curacao

“Dalam program pelatnas ada beberapa pemain yang sempat mengalami cedera, dan Alhamdulillah bisa kami tangani karena tingkat cedera yang tidak terlalu parah. Alhamdulillah, berkat support oleh kementerian, terutama BPJS Ketenagakerjaan, mempermudah federasi untuk mengakses rumah sakit,” ujar Yudi.

Dukungan dari Kemenpora, menurut Yudi, juga diberikan berupa akomodasi kendaraan operasional selama pelatnas hingga pengeluaran bulanan selama tiga bulan, serta akomodasi termasuk tiket pesawat pulang pergi dan uang saku untuk bertanding di Piala Dunia Amputasi 2022 yang dijadwalkan bergulir pada 1-9 Oktober 2022.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Babak Pertama Berakhir, Kroasia vs Brasil masih 0-0

      Kroasia dan Brasil bermain sama kuat 0-0 pada babak pertama perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

      Susunan Pemain Kroasia vs Brasil, Adu Taktik Modric dan Neymar

      Susunan pemain Kroasia diprediksi tidak jauh berubah saat menghadapi Brasil di babak perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium.

      Skenario Belanda vs Argentina: De Oranje Andalkan Serangan Balik

      Belanda  kemungkinan menerapkan skenario serangan balik saat menghadapi Argentina pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium Al Daayen.

      Data dan Fakta Menarik Belanda vs Argentina: Sama Kuat di Piala Dunia

      Data dan fakta Belanda vs Argentina pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium Al Daayen.

      Klasemen Akhir BWF World Tour Finals 2022: Peluang Wakil Indonesia!

      Sebanyak lima wakil Indonesia di tiga nomor yang dipertandingkan lolos ke babak semifinal BWF World Tour Finals 2022 setelah keluar sebagai juara maupun runner up grup.

      Jelang Lawan Kroasia, Brasil Siapkan Selebrasi Tarian Baru

      Brasil sudah menyiapkan tarian baru untuk selebrasi gol saat melawan Kroasia pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

      Live Streaming Piala Dunia 2022 Malam Ini: Kroasia Vs Brasil, Habis-Habisan!

      Berikut di bawah ini link live streaming yang bisa digunakan untuk menyaksikan pertandingan perempat final Piala Dunia 2022, Kroasia Vs Brasil.

      Prediksi Starting XI Kroasia vs Brasil: Ngeri, Selecao Pasang 4 Penyerang

      Susunan pemain Kroasia diprediksi tidak jauh berubah saat menghadapi Brasil di babak perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium.

      Hasil BWF World Tour Finals 2022: Heroik! Rinov/Pitha Tembus ke Semifinal

      Rinov/Pitha tampil heorik untuk menumbangkan wakil Prancis dalam perebutan tiket semifinal dari Grup B ganda campuran BWF World Tour Finals 2022, Jumat (9/12/2022) malam WIB.

      Hasil Liga 1: Rans Nusantara Imbangi Persikabo 1973 di Sleman

      Rans Nusantara FC berhasil menahan imbang Persikabo 1973 dengan skor 1-1 pada pekan ke-13 Liga 1 2022-2023 di Stadion Maguwoharjo, Sleman.

      Prediksi Skor Kroasia Vs Brasil di Piala Dunia 2022: Gak Muluk-Muluk

      Berikut prediksi skor pertandingan antara Brasil dan Kroasia di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022.

      Luis Enrique Dipecat, Luis de la Fuente Pelatih Baru Spanyol

      Timnas Spanyol resmi memiliki pelatih baru, Luis de La Fuente, seusai tersingkir dari babak 16 besar Piala Dunia 2022.

      Skenario Kroasia vs Brasil: Vatreni Tetap Pasang Trisula di Depan

      Kroasia tetap mengandalkan formasi 4-3-3 melawan Brasil yang penuh percaya diri pada babak perempat final Piala Dunia 2022 di Education City Stadium Doha.

      Mantap! 2 Tunggal Putra Indonesia Lolos ke Semifinal BWF World Tour Finals 2022

      Anthony Ginting menjadi juara dan Jonatan Christie menempati posisi runner up klasemen akhir Grup B BWF World Tour Finals 2022.