SOLOPOS.COM - Para pemain Timnas U-23 Indonesia berlatih dalam pemusatan latihan (TC) persiapan SEA Games 2021 di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (7/4/2022). (Antara/HO/PSSI)

Solopos.com, JAKARTA – Pelatih sementara Tim Nasional (Timnas) Indonesia U-23, Bima Sakti, menyebut skuadnya fokus mengasah kualitas operan dan transisi bermain dalam pemusatan latihan (TC) di Jakarta sebelum melanjutkannya di Korea.

Baca Juga: Timnas U-19 Tundukkan Kyungil 2-1, Begini Reaksi Shin Tae-yong

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Dikutip dari laman PSSI, Jumat (8/4/2022), Bima menyebut materi latihan merupakan permintaan langsung Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, yang kini sudah berada di Korea.

“Pelatih Shin selalu mengatakan kepada kami agar memperbaiki passing [operan] pemain. Lalu kami pun melakukan rondo, small game dan transisi sebagai poin latihan karena itu yang difokuskan oleh pelatih Shin,” kata pelatih Timnas U-16 itu.

Baca Juga: Piala AFF Futsal 2022: Mantap, Timnas Indonesia Libas Malaysia

Bima melanjutkan, Shin Tae-yong juga menginstruksikan agar timnas U-23 yang disiapkan untuk SEA Games 2021 akan berlatih sore dan malam hari. Jika sore di lapangan, maka malam menempa fisik di pusat kebugaran.

Pelatih berusia 46 tahun itu mengharapkan kondisi fisik pemain terus meningkat sambil menunggu keberangkatan ke Korea. Timnas U-23 berlatih di Jakarta sampai 12 April 2022.

Baca Juga: Irfan Jauhari Dipanggil Timnas, Begini Harapan Pelatih Persis Solo

“Karena SEA Games 2021 sudah bergulir awal bulan depan [Mei], kami harus mengembalikan kondisi fisik pemain. Apalagi baru sekitar satu pekan lalu mereka menyelesaikan kompetisi Liga 1,” tutur Bima.

Shin Tae-yong sudah memanggil 29 pemain Timnas U-23 untuk TC persiapan SEA Games 2021 di Korea, termasuk empat pemain senior (berusia di atas 23 tahun) dan enam nama yang merumput di luar negeri.

Baca Juga: Korea Open 2022: Jadwal Tanding dan Lawan Wakil Indonesia di Semifinal

Namun, pemain-pemain rantau luar negeri yakni Asnawi Mangkualam Bahar (Ansan Greeners, Korea Selatan), Elkan Baggott (Ipswich Town, Inggris), Egy Maulana (FK Senica, Slovakia), Witan Sulaeman (FK Senica, Slovakia), Saddil Ramdani (Sabah FC, Malaysia) dan Pratama Arhan (Tokyo Verdy, Jepang) belum bergabung di Jakarta.

Ronaldo Kwateh dan Marselino Ferdinan juga langsung beraktivitas bersama Timnas U-23 di Korea karena menjadi bagian timnas U-19 untuk TC di sana sejak Maret 2022.

Baca Juga: Setelah Ferdinand Sinaga, Kini Alfath Fathier Tiba di Solo

Indonesia bergabung di Grup A bersama Myanmar, Filipina, Timor Leste dan tuan rumah Vietnam. Skuad Garuda Muda memulai SEA Games dengan melawan Vietnam pada 6 Mei 2022, Timor Leste pada (10 Mei 2022), Filipina (13 Mei 2022), dan Myanmar (15 Mei 2022).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya