SOLOPOS.COM - Irfan Bachdim, Boaz Salossa, dan Andik Vermansyah merayakan gol Indonesia. (Twitter)

Timnas Indonesia gelar TC di Solo.

Solopos.com, SOLO – Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Alfred Riedl, memastikan Andik Vermansyah dam Kurnia Meiga mendapatkan tempat di Piala AFF 2016, November mendatang. Meskipun dua pemain ini tak dipanggil Riedl dalam pemusatan latihan singkat di Kota Solo, Kamis-Selasa (2-27/9/2016).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Ya, Andik yang merupakan penggawa Selangor FA ini tak mendapat izin dari tim. Meski demikian, ia menunjukkan performa yang menjanjikan saat Timnas Indonesia menghajar Timnas Malaysia dalam laga uji coba di Stadion Manahan, Selasa (6/9/2016) lalu. Andik akan kembali bergabung setelah Malaysia Premier League (MPL) rampung, pertengahan Oktober 2016 mendatang.

Sedangkan kiper Arema Cronus, Kurnia Meiga, mengalami cedera ketika melakoni laga kontra Madura United di ajang Torabika Soccer Championship (TSC) 2016 beberapa waktu lalu. Ia bahkan absen saat Indonesia menghadapi Malaysia dan tak ikut TC di Solo.

“Andik dan Kurnia Meiga pasti dapat tempat di timnas. Jika MPL Selesai, dia [Andik] akan gabung dengan kami. Sampai sekarang masih sulit diprediksi apakah mereka yang ikut TC akan kami masukkan skuat utama untuk Piala AFF,” papar Alfred Riedl kepada wartawan, Minggu (25/9/2016).

Riedl memang belum bisa memastikan 24 nama yang ikut TC singkat di Solo ini bakal masuk skuat utama. Akan tetapi, ia memberi garansi sebagian besar penggawa inilah yang bakal menghuni tim utama Garuda untuk turun di Piala AFF 2016 di Filipina.

Jika nanti Andik maupun Kurnia Meiga kembali, sejumlah nama bakal dicoret menyesuaikan kuota pemain masing-masing tim. Terlebih untuk pos penjaga gawang. Bagi Riedl, kiper Arema Cronus ini masih menjadi pilihan utama untuk menjaga mistar gawang tim Garuda.

Meski begitu, tiga kiper lain juga patut diperhitungkan. Terutama Anditany Adhiyarsa (Persija Jakarta) dan Teguh Amiruddin (PS TNI) yang sudah bergabung dengan timnas sejak uji coba kontra Malaysia. Sedangkan Jandia Eka Putra (Semen Padang) baru saja hadir menggantikan Dian Agus (Pusamania Borneo FC) yang tak diperbolehkan tim hadir.

“Sebenarnya bagi pemain yang sudah dipanggil Timas, tapi tidak datang akan men dapat sanksi. Situasi seperti ini yang paling dirugikan adalah pemain. Jika seperti ini kami tak akan memanggil lagi yang seperti ini. Kami juga tidak akan menunggu sampai dia datang,” imbuhnya.

Sementara itu, setelah pemusatan latihan singkat ini, Riedl berencana menggelar program serupa pada 10-16 Oktober 2016 mendatang. Termasuk di dalamnya sekali uji coba yang kemungkinan besar laga kandang melawan Vietnam. Namun ini masih sebatas rencana mengingat banyak hal yang perlu dipertimbangkan.

“Rencana ini bisa saja berubah. Apalagi PSSI akan menggelar Kongres sehingga kami mesti menunggu bagaimana keputusan ketua yang baru. Selain itu, uji coba tergantung banyak hal, lawan, partner, dan sponsor,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya