SOLOPOS.COM - Pesepakbola IndonesiaElie Aiboy (kiri) dan Wahyu Wijiastanto (kanan) memberikan salam ke penonton seusai melawan timnas Kamerun pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/11/2012). Kedua tim bermain imbang 0-0. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Pesepakbola Indonesia Elie Aiboy (kiri) dan Wahyu Wijiastanto (kanan) memberikan salam ke penonton seusai melawan Timnas Kamerun pada pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Sabtu (17/11/2012). Kedua tim bermain imbang 0-0. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA – Pelatih Timnas Nil Maizar terus membenahi kelemahan Timnas Garuda sebelum menjalani turnamen Piala AFF 2012 Grup B di Malaysia, 24 November hingga 1 Desember.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mantan pelatih Semen Padang itu pada latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Senin, fokus dalam memperbaiki pertahanan dan barisan penyerang timnas. “Setelah melawan Kamerun ada yang hal harus dibenahi yaitu lini pertahanan. Makanya kami terus berupaya mencari jalan keluar agar pertahanan menjadi kuat,” kata Nil Maizar usai memimpin latihan.

Ekspedisi Mudik 2024

Dalam pertandingan uji coba terakhir melawan Kamerun, Sabtu (17/11/2012), Elie Aiboy dan kawan-kawan memang mampu menahan imbang 0-0. Hanya saja tim lawan beberapa kali memperdayai barisan pertahanan sehingga mengancam gawang Endra Prasetya. Beruntung, penjaga gawang Persebaya Surabaya itu bermain cemerlang sehingga mampu menggagalkan beberapa peluang yang seharusnya mampu membuahkan gol bagi lawan.

Pada pertandingan uji coba itu pelatih Nil Maizar menurunkan pemain belakang Novan Setya, Wahyu Wijiasnanto, Hamdi Ramdan dan Nopendi. Hanya saja dibabak kedua Hamdi Ramdan harus digantikan Fachruddin karena mengalami cedera. Nil Maizar mengaku selain barisan pertahanan yang menjadi sorotan adalah lini depan. Dari enam kali ujicoba terakhir, barisan penyerang yang ada belum maksimal. Baru Irfan Bachdim dan Bambang Pamungkas yang mampu menciptakan gol.

Sementara itu tiga penyerang lainnya yaitu Samsul Arif, M Rahmad dan pemain naturalisasi Johnny van Beukering hingga saat ini belum mampu menciptakan gol bagi timnas. “Untuk barisan penyerang kami beri porsi latihan lebih terutama dalam finishing dan sistem membongkar pertahanan lawan,” kata pria yang pernah mengenyam pendidikan kepelatihan di Jerman itu.

Pada latihan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Timnas Garuda berlatih dengan skuad komplet yaitu 23 pemain. Dua pemain yang sebelumnya mengalami cedera yaitu penjaga gawang Endra Prasetya dan Hamdi Ramdan sudah bergabung dalam latihan. “Endra Prasetya dan Hamdi Ramdan kondisinya sudah mulai membaik. Kami berharap mereka sudah fit 100 persen sebelum berangkat ke Malaysia,” kata pelatih asal Padang itu.

Sesuai dengan rencana Timnas Garuda akan bertolak ke Malaysia Rabu (21/11) dan akan menjalani pertandingan perdana melawan Laos, Minggu (25/11/2012), melawan Singapura, Rabu (28/11/2012) dan melawan tuan rumah Malaysia, Sabtu (1/12/2012).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya