SOLOPOS.COM - Pesepakbola Timnas Indonesia Oktovianus Maniani (tengah) bersama Andik Vermansyah (kanan) melakukan pemanasan saat latihan terakhir jelang Piala AFF, di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Selasa (20/11/2012). Timnas asuhan Nil Maizar tersebut akan bertanding melawan Laos Minggu (25/11/2012) di Stadion Bukit Djalil, Kuala Lumpur, Malaysia dan berada di Grup B, satu grup bersama Laos, Singapura, dan tuan rumah Malaysia pada kejuaraan Piala AFF. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Pesepakbola Timnas Indonesia Oktovianus Maniani (tengah) bersama Andik Vermansyah (kanan) melakukan pemanasan saat latihan terakhir jelang Piala AFF, di Stadion Utama Gelora Bung Karno Senayan, Jakarta, Selasa (20/11/2012). Timnas asuhan Nil Maizar tersebut akan bertanding melawan Laos Minggu (25/11/2012) di Stadion Bukit Djalil, Kuala Lumpur, Malaysia dan berada di Grup B, satu grup bersama Laos, Singapura, dan tuan rumah Malaysia pada kejuaraan Piala AFF. (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA – Timnas Garuda yang bersiap diri menghadapi turnamen Piala AFF 2012 bertolak menuju Malaysia tanpa diikuti pemain blasteran Indonesia-Belanda, Raphael Maitimo, karena terkendala masalah administrasi kewarganegaraan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hanya 22 pemain saja yang dibawa. Raphael Maitimo belum kami bawa karena proses administrasi kewarganegaraan belum tuntas,” kata Manajer Timnas Habil Marati di Kantor PSSI Senayan, Jakarta, Selasa. Sesuai rencana, anak asuh Nil Maizar ini akan bertolak ke Malaysia Rabu (21/11/2012) pagi dan akan menginap di The Palace of the Golden Horses di Kuala Lumpur.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski saat ini ditinggal, kata dia, Raphael Maitimo masih berpeluang memperkuat Timnas Garuda pada Piala AFF 2012 dengan syarat administrasi kewarganegaraan yang saat ini diproses tuntas sebelum Jumat (23/11/2012). Habil mengatakan jika paspor pemain yang memiliki nama lengkap Raphael Guillhomo Eduardo Maitimo tuntas sesuai jadwal, maka akan langsung diterbangkan ke Malaysia untuk bergabung dengan pemain yang lain.

“Jika Raphael bergabung maka ada satu pemain yang akan dicoret karena kuota hanya 22 pemain,” kata Habil Marati menambahkan. Selain tetap terus mengupayakan proses administrasi kewarganegaraan bagi Raphael Maitimo, manajemen timnas juga terus berusaha mempersiapkan pemain lain terutama untuk posisi penjaga gawang. Bidikan manajemen timnas tetap pada Samsidar. “Samsidar masuk daftar tunggu,” kata mantan Anggota DPR RI itu.

Posisi penjaga gawang saat ini memang kurang ideal karena hanya memiliki dua pemain yaitu Endra Prasetya dan Wahyu Tri Nugroho. Penambahan penjaga gawang itu dilakukan agar ada cadangan bila salah satu pemain mengalami cedera.

Indonesia pada Piala AFF 2012 di Malaysia, 24 November hingga 1 Desember tergabung di Grup B. Pada pertandingan pertama timnas akan berhadapan dengan Laos, Minggu (25/11/2012), Singapura pada Rabu (28/11/2012) dan pertandingan terakhir menghadapi tuan rumah Malaysia, Sabtu (1/12/2012).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya