SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia (JIBI/SOLOPOS/Antara)

Timnas Indonesia (JIBI/SOLOPOS/Antara)

JAKARTA – Mantan pemain Timnas, Yeyen Tumena menilai Timnas Indonesia asuhan pelatih Nil Maizar tetap berpeluang lolos ke semifinal Piala AFF 2012 meski banyak kalangan pesimis dengan tim yang ada.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kita harus memberikan apresiasi yang tinggi pada pemain timnas. Mereka bisa saja bermain lebih baik di babak penyisihan nanti,” kata Yeyen Tumena di sela-sela jumpa pers bersama sponsor utama Piala AFF 2012, Suzuki, di Jakarta, Jumat (16/11/2012). Menurut dia, agar peluang lolos ke semifinal terbuka maka beberapa kelemahan yang ada pada timnas harus secepatnya diperbaiki. Salah satu kelemahan timnas adalah adanya kesenjangan antara lini tengah dan lini depan.

Timnas, kata dia, masih membutuhkan pemain-pemain yang bertugas menyuplai bola ke lini depan seperti Firman Utina dan Ahmad Bustomi. Meski demikian, Yeyen mengaku ada beberapa nama pemain timnas yang bisa menjadi motor di lini tengah. “Tonni Cussel umpan terobosannya juga cukup bagus. Yang jelas lini tengah harus terus diasah,” kata pemain Primavera itu.

Selain pemain naturalisasi asal Belanda itu, lini tengah Timnas diisi oleh Vendry Mofu, Rasyid dan Taufiq. Kedua pemain ini didukung oleh gelandang serang yang cukup aktif yaitu Oktovianus Maniani dan Elie Aiboy. Guna memaksimalkan persiapan sebelum Piala AFF 2012, Timnas Indonesia akan menjalani pertandingan ujicoba melawan Kamerun di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta pada Sabtu (17/11/2012) Pertandingan ujicoba ini merupakan yang terakhir sebelum pelatih Nil Maizar menentukan gambaran pemain inti yang akan turun pada tiga pertandingan penyisihan yaitu melawan Laos, Singapura dan Malaysia.

“Secara umum persiapan sudah 95 persen. Tinggal menunggu pertandingan resmi saja. Tapi kami terus berusaha menyiapkan tim terbaik dan memperbaiki beberapa kelemahan,” kata Nil Maizar.

Sementara itu Direktur Marketing PT Suzuki Motor, Endro Nugroho mengatakan dukungan produsen kendaraan bermotor itu untuk Piala AFF terus bergulir dan untuk tahun ini adalah yang ketiga kalinya. “Kami tetap menjadi sponsor utama untuk Piala AFF 2012. Tahun ini adalah untuk yang ketiga kalinya,” katanya.

Turnamen AFF Suzuki Cup 2012 terbagi dalam dua grup. Grup A diisi oleh tuan rumah Thailand, Vietnam, Filipina dan Myanmar , sedangkan Grup B diisi oleh tuan rumah Malaysia, Singapura, Indonesia dan Laos.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya