SOLOPOS.COM - Sporter Solo beri dukungan Timnas. (Dwi Prasetya/JIBI/solopos.com)

Sporter Solo beri dukungan Timnas. (Dwi Prasetya/JIBI/solopos.com)

KUALA LUMPUR–Timnas Garuda yang bermain imbang di hari pertama gelaran Piala AFF 2012 di Stadion Bukit Jalil Kuala Lumpur Malaysia, Minggu (25/11), siap tempur dengan langsung memfokuskan diri untuk menghadapi Singapura ditempat yang sama, pada Rabu (28/11).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Anak asuh Nil Maizar terpaksa harus berbagi angka dengan Laos setelah bermain imbang 2-2.

Hasil ini dinilai cukup memprihatinkan karena laga sebelumnya Indonesia selalu menang atas Laos bahkan dengan skor telak.

“Evaluasi tim terus kita lakukan. Yang jelas kita harus secepatnya bangkit dan fokus untuk menghadapi Singapura,” kata pelatih Timnas Indonesia, Nil Maizar di Kuala Lumpur, Malaysia, Senin.

Melawan Singapura bukan perkara mudah bagi Andik Vermansyah dan kawan-kawan karena anak asuh Radojko Avramovic baru saja mengandaskan tim tuan rumah yang juga juara bertahan Piala AFF yaitu Malaysia dengan skor telak 3-0.

Baihakki Khaizan dan kawan-kawan bisa dibilang berada di atas angin. Singapura menjaga peluang lolos ke semifinal meski masih menyisakan dua pertandingan yaitu melawan Indonesia dan Laos.

Meski lawan yang akan dihadapi adalah pemuncak klasemen sementara Piala AFF 2012 Grup B, Nil Maizar mengaku tidak gentar.

Nil Maizar terus melakukan persiapan termasuk mementukan formasi dan siapa pemain yang akan diturunkan.

“Semua lini terus kita benahi agar saat menghadapi Singapura jauh lebih baik,” kata mantan pelatih klub Semen Padang itu.

Terus berbenah bukan berarti Timnas Garuda tanpa kendala. Salah satu kendala yang harus diwaspadai adalah posisi penjaga gawang.

Saat ini anak asuh Nil Maizar tinggal menyisakan satu pemain karena penjaga gawang utama Endra Prasetya dipastikan absen karena mendapatkan kartu merah saat menghadapi Laos.

Selain posisi penjaga gawang, barisan lini pertahanan juga patut diwaspadai.

Salah satu pemain jangkar yaitu Hamdi Ramdan kondisinya kurang fit, bahkan pemain Persija IPL itu juga sudah mengantongi satu kartu kuning bersama tandemnya, Wahyu Wijiasnanto.

Jika Timnas Garuda dipertandingan kedua mampu meraih hasil maksimal maka peluang untuk lolos keputaran berikutnya akan terbuka meski dipertandingan terakhir harus menghadapi tuan rumah Malaysia, Sabtu (1/12/2012).

“Kita harus menang didua laga sisa. Saat ini kita belum kalah,” kata salah satu pemain senior di Timnas Garuda, Elie Aiboy.

Sementara itu pelatih Singapura Radojko Avramovic mengaku langsung mempersiapkan timnya untuk menghadapi Indonesia di pertandingan kedua.

Hal yang dibutuhkan saat ini, kata dia, adalah recovery yang bagus karena pada pertandingan sebelumnya yaitu melawan Malaysia banyak menguras tenaga.

“Indonesia bukan lawan yang mudah. Jadi, yang kami butuhkan sekarang adalah kebugaran pemain secepatnya kembali,” katanya.

Timnas Singapura pada gelaran Piala AFF 2012 turun dengan pemain campuran antara senior dan junior. Hanya beberapa pemain pemain senior yang dibawa seperti Mustafic Fahrudin, Aleksandar Duric maupun Baihakki Khaizan.

Jika dipertandingan kedua nanti Timnas Singapura mampu mengalahkan Indonesia bisa dipastikan akan menjadi tim pertama di Grup B yang lolos ke semifinal meski masih menyisakan satu pertandingan yaitu melawan Laos, Sabtu (1/12/2012).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya