Timnas Futsal Indonesia Cetak Sejarah di Arena SEA Games

Indonesia sudah menuntaskan empat jadwal pertandingan mereka, sedangkan tuan rumah Vietnam dan Thailand akan bertemu di rangkaian laga hari terakhir pada Jumat (20/5/2022).

 Pemain tim nasional futsal Indonesia, Ardiansyah Runtuboy (kiri), saat merayakan gol yang dibuatnya ke gawang Thailand pada laga final Piala Futsal AFF 2022 di Stadion Indoor Hua Mark, Bangkok, Thailand, Minggu (10/4/2022). (Antara/HO/AFF-FAT)

SOLOPOS.COM - Pemain tim nasional futsal Indonesia, Ardiansyah Runtuboy (kiri), saat merayakan gol yang dibuatnya ke gawang Thailand pada laga final Piala Futsal AFF 2022 di Stadion Indoor Hua Mark, Bangkok, Thailand, Minggu (10/4/2022). (Antara/HO/AFF-FAT)

Solopos.com, JAKARTA – Asisten Pelatih Tim Nasional (Timnas) Futsal Indonesia, Sayan Karmadi, memuji keberhasilan skuad Garuda mencatatkan sejarah dengan meraih medali perak SEA Games 2021.

“Kami dipastikan meraih medali perak. Anak-anak sudah bermain bagus,” ujar Sayan, Rabu (18/5/2022).

PromosiHari Keluarga Nasional: Kudu Tepat, Ortu Jangan Pelit Gadget ke Anak!

Dalam lanjutan futsal putra SEA Games 2021 di Ha Nam, Vietnam, Rabu, Indonesia menahan imbang Thailand dengan skor 1-1. Hasil itu diikuti kemenangan telak 4-0 yang dibukukan tuan rumah Vietnam atas Myanmar di pertandingan selanjutnya.

Kedua hasil itu membuat Indonesia yang saat ini memimpin klasemen sementara futsal putra berformat round robin tersebut dengan raihan delapan poin dipastikan bakal finis di urutan kedua.

Baca Juga: Bagas Pemanah Klaten Sabet Emas SEA Games, Ini Pesan Ibu dan Pelatih

Indonesia sudah menuntaskan empat jadwal pertandingan mereka, sedangkan tuan rumah Vietnam dan Thailand akan bertemu di rangkaian laga hari terakhir pada Jumat (20/5/2022).

Vietnam saat ini menempati posisi kedua di atas Thailand karena keunggulan selisih gol, yakni surplus 10 berbanding surplus lima, meski kedua tim sama-sama mengoleksi tujuh poin.

Secara matematis Vietnam hanya butuh hasil imbang melawan Thailand untuk melompati Indonesia, yang memiliki selisih gol surplus sembilan, dan meraih medali emas. Sedangkan Thailand wajib menang untuk merebut emas dari tuan rumah.

Baca Juga: Wow Luar Biasa, Panahan Indonesia Sapu Bersih Empat Emas SEA Games 2021

Raihan perak di Vietnam menjadi torehan bersejarah sebab itu merupakan raihan medali pertama bagi futsal putra sejak futsal dipertandingan di SEA Games 2007. Sebelumnya, futsal putra hanya mampu meraup medali perunggu yaitu di SEA Games 2007, 2011 dan 2013.

Meski demikian, Sayan Karmadi menegaskan bahwa staf pelatih tetap akan mengevaluasi performa timnas futsal di SEA Games 2021.

Salah satu kekurangan Ardiansyah Runtuboy dan kawan-kawan adalah penyelesaian akhir yang belum maksimal. “Pemain harus bisa memaksimalkan peluang,” tutur Sayan.

Baca Juga: SEA Games 2021: Final Bulu Tangkis, Tim Putri Indonesia Kalah Telak

Timnas futsal Indonesia tidak bisa berleha-leha setelah SEA Games 2021 karena harus mengikuti Piala Asia Futsal AFC 2022 di Kuwait pada 25 September-20 Oktober 2022.

Menurut Sayan, skuadnya fokus menatap turnamen itu, tetapi pemain terlebih dahulu akan dipulangkan ke klub masing-masing. “Biar anak-anak fokus ke klubnya dahulu,” kata dia.

Sumber: Antara

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

Espos Plus

Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

+ PLUS Jadi Paru-Paru Dunia, Mangrove Juga Jamin Food Security Warga Pesisir

Upaya perlindungan mangrove sebagai ekosistem blue carbon tidak hanya mampu mengurangi emisi dan peningkatan simpanan carbon benefit tetapi juga memberi manfaat bagi kesejahteraan masyarakat.

Berita Terkini

Prediksi PSIS Semarang Vs Bhayangkara FC: Bakal Adu Penalti Lagi?

Prediksi PSIS Semarang dengan Bhayangkara FC pada perempat final Piala Presiden 2022 dibayang-bayangi laga berakhir dengan adu penalti.

Jadwal Lengkap Final Malaysia Open 2022 Hari Ini, Indonesia Dua Wakil

Jadwal final Malaysia Open 2022 akan diisi oleh duel wakil Indonesia, China, Thailand, Jepang, dan Denmark.

Jadwal Lengkap Timnas Putri Indonesia di Piala AFF 2022

Timnas Putri Indonesia langsung bertemu Thailand pada laga perdana Piala AFF 2022 di Filipina, 4 Juli 2022.

Piala AFF U-19: Ini Klasemen Grup A Setelah Indonesia Vs Vietnam 0-0

Indonesia dan Vietnam sama-sama mengemas poin satu. Laga selanjutnya Indonesia akan menghadapi Brunei.

Piala AFF U-19 2022: Thailand Menang Tipis, Myanmar Pesta Gol

Thailand mengalahkan Filipina sedangkan Myanmar menumbangkan Brunei.

2 Wakil Indonesia di Final Malaysia Open 2022, Ini Perjalanan Mereka

Perjalanan dua wakil Indonesia hingga sampai ke babak final Malaysia Open 2022 dilalui dengan tidak mudah.

Kembali Hajar Ganda Malaysia, Fajar/Rian ke Final Malaysia Open 2022

Fajar/Rian akan berhadapan dengan pemenang semifinal antara ganda China vs ganda Jepang.

Persis Solo Women Menang Telak Atas Kesebelasan Porda Sleman

Kemenangan telak Persis Solo Women atas kesebelasan Porda Sleman membuktikan pemain sudah dapat menjalankan instruksi dengan baik meski baru berlatih bersama dalam satu bulan terakhir.

PSIS Paling Produktif di Piala Presiden, Ini Strategi Bhayangkara FC

Bhayangkara FC siap meredam agresivitas permainan PSIS Semarang dalam laga perempat final Piala Presiden 2022.

Piala Presiden 2022: PSIS Semarang Siapkan Skenario Adu Penalti

PSIS Semarang mengaku telah menyiapkan skenario adu penalti saat melawan Bhayangkara FC pada perempat final Piala Presiden di Stadion Jatidiri, Minggu (3/7/2022).

Gulung Porda Sleman 6-0, Persis Women Tak Lagi Main Asal-Asalan

Persis Women Solo berhasil meraih hasil positif dalam laga uji coba perdana mereka. Persis Women mencukur tim Porda Sleman enam gol tanpa balas.

Hadapi Ganda China di Final Malaysia Open, Apri/Fadia Siap Lakukan Ini

Apri/Fadia unggul 1-0 head to head dengan Zhang Shu Xian/Zheng Yu, dalam pertemuan perdana yang tercipta di babak 16 besar Indonesia Open 2022 dengan rubber game 21-16, 16-21, 21-18.

Malaysia Open 2022, Apri/Fadia Kian Dekati Gelar Perdana BWF World Tour

Kejutan Apri/Fadia di Malaysia Open 2022 belum berhenti setelah berhasil lolos ke babak final.

Piala AFF U-19 2022, Peluang Pemain Persis Solo Tampil Malam Ini

Sebanyak empat pemain muda Persis Solo masuk dalam skuad Timnas Indonesia U-19 asuhan pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF U-19 2022.

Harapan Pelatih Persib Tentang Adu Penalti Vs PSS Sleman Gagal Terwujud

Sebelum pertandingan, pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, menyatakan tetap menaruh respek kepada PSS Sleman atas perjuangan mereka lepas dari Grup A.